Panitia IMF: "Pak, Banyak Hal Sudah Kami Siapkan", Ini Respon PVMBG - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » , , , » Panitia IMF: "Pak, Banyak Hal Sudah Kami Siapkan", Ini Respon PVMBG

Panitia IMF: "Pak, Banyak Hal Sudah Kami Siapkan", Ini Respon PVMBG

Written By Dre@ming Post on Kamis, 14 Desember 2017 | 12/14/2017 08:26:00 AM

Visual Gunung Agung saat mengeluarkan Asap berwarna keabuan dilihat dari Desa Suwat, Gianyar, Rabu (13/12) pagi pukul 07:00 wita. semburan asap yang keluar dari kawah Gunung Agung hanya berlangsung selam 30 menit. selang beberapa saat hanya mengeluarkan asap putih tipis dari kejauhan.
AMLAPURA - “Kami terus terang ingin tanya Pak, menurut bapak yang setiap hari mengamati disini bagaimana kira-kira gunung agung ini bulan Oktober (2018) nanti? aman atau tidak?” ujar Kepala Unit Khusus Persiapan International Monetary Fund (IMF) World Bank, Peter Jacobs saat berkunjung ke Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Desa Rendang, Karangasem, Rabu (13/12/2017) kemarin.

Pertanyaan itu sontak membuat Kepala Bidang Mitigasi Pengamatan Gunung Api, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gede Suantika terdiam sejenak.

Sambil sedikit tersenyum, Suantika mengaku tidak bisa memastikan karena keterbatasan data yang dimiliki PVMBG terhadap letusan Gunung Agung pada periode ratusan tahun silam.

“Tugas kami hanya memonitor, dan memberikan rekomendasi,” jawab Suantika.

Kedatangan rombongan panitia IMF 2018 dari Kementerian Keuangan itu ke Pos Rendang dengan harapan mendapatkan kejelasan terkait kondisi Gunung Agung terkini.

Selain itu, mereka ingin mengetahui bagaimana prakiraan kedepan kondisi Gunung Agung. Sebab, gelaran IMF 2018 telah mereka siapkan sejak tiga tahun silam.

“Bisa kebayang, Pak. Banyak hal sudah kami siapkan. Sudah sejak tiga tahun lalu. Infrastruktur, Bandara sudah kami reklamasi, kami perjuangkan underpass Tugu Ngurah Rai, patung GWK kami target jadi, trus pelabuhan Benoa, dan lainnya, makanya kami tetap optimistis biar bisa diselenggarakan di Bali,” tutur Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi Susiwijono Moegiarso kepada Suantika.

Susiwijono berharap pihak PVMBG agar lebih hati-hati memberikan informasi baik berupa keterangan pers, dan press rilis kepada awak media karena mereka menilai informasi yang selama ini diberitakan kerap disalah artikan.

“Harusnya yang zona merah itu kan hanya di radius 8 km saja ditambah perluasan sektoral, bukan seluruh Bali. Nah yang terjadi sebelunya kan dikira Bali ini level awas, sehingga terjadi pembatalan kunjungan ke Bali,” kata Susiwijono.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus memantau secara intensif aktivitas terkini Gunung Agung.

Selama periode 6 jam terakhir, Sabtu (13/12), dari pukul 12.00-18.00 Wita, Mahagiri Tohlangkir sebutan lain dari Gunung Agung teramati secara visual terus mengeluarkan asap dari kawah bertekanan lemah dengan ketinggian mencapai 1.500 meter dari atas puncak kawah.

Asap dilaporkan oleh PVMBG bergerak condong ke arah barat.

Selain itu, aktivitas kegempaan juga dilaporkan secara terperinci oleh PVMBG, gempa hembusan pada periode ini terjadi sebanyak 11 kali dengan amplitudo 8-21 mm, dengan durasi 35-100 detik.

Gempa low frekuensi terjadi 2 kali, vulkanik dangkal 2 kali, vulkanik dalam terjadi 2 kali.

Alat seismograf PVMBG juga merekam terjadinya aktivitas tremor menerus (microtremor) dengan amplitudo 1-2 mm (dominan 1 mm).







sumber : tribun
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka