GA Jadi Sorotan IMF-Bank Dunia, Gubernur Akan Bahas Galian C - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » , , » GA Jadi Sorotan IMF-Bank Dunia, Gubernur Akan Bahas Galian C

GA Jadi Sorotan IMF-Bank Dunia, Gubernur Akan Bahas Galian C

Written By Dre@ming Post on Rabu, 18 Oktober 2017 | 10/18/2017 02:48:00 PM

Wajah Gunung Agung terlihat dari Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Desa Rendang, Karangasem, Selasa (10/10/2017) pagi.
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dalam Pertemuan Tahunan IMF-WB 2017 di Washington DC (Amerika Serikat/AS), Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia menyoroti perkembangan Gunung Agung (GA) yang berpotensi mengalami erupsi.

Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF-WB di Bali pada Oktober 2018 yang diselenggarakan di Bali.

Luhut dalam pertemuan bersama wartawan di Jakarta, Selasa (17/10/2017), mengatakan dirinya yang hadir bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo ditanya mengenai status Gunung Agung.

Dalam kesempatan itu, ia menceritakan bahwa delegasi Indonesia membawa serta profesor Surono yang ahli Gunung Agung untuk menjelaskan dengan detail mengenai perkembangan gunung api itu.

"Yang menarik, Gunung Agung ini sejak dinyatakan awas sampai hari ini kelihatannya energinya terus turun. Ini kita tunggu apakah diturunkan statusnya atau tidak, saya kira akan jadi isu di sana," ujarnya.

Mantan Menko Polhukam itu menuturkan, dalam pertemuan itu dirinya sebagai Ketua Panitia Pelaksana Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali menginformasikan sejumlah persiapan yang telah dilakukan.

"Dari apa yang kami sampaikam, komentar Presiden Bank Dunia maupun Direktur Pelaksana IMF, mereka bilang puas atas semua persiapan yang kita lakukan," katanya menambahkan bahwa tim Bank Dunia dan IMF juga telah mengunjungi Bali pada September lalu. Lebih lanjut, Luhut menjelaskan dirinya juga bertemu dengan Trash Free Alliance dan Ocean Conservancy untuk membahas masalah sampah plastik lautan.

Sementara itu, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, kembali menyambangi Pos Pantau Gunung Api Agung di Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali Selasa (17/10/2017).

Kedatangannya tersebut untuk menanyakan perkembangan secara detail mengenai perkembangan aktivitas GunungAgung

“ Saya tadi sudah mendapatkan penjelasan secara detail, ilmiah, dan komprehensif. Intinya aktivitas vulkanik Gunung Agung masih sangat tinggi. Jadi siaga darurat pun akan terus diperpanjang selama Gunung Agung masih berstatus awas,” jelas Mangku Pastika.

Dalam kesempatan tersebut, Pastika sempat mengungkapkan bahwa dirinya akan bertemu dengan Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri untuk membicarakan titik mana di Karangasem yang masih memungkinkan untuk beroperasinya Galian C.

Hal ini dikarenakan adanya kepentingan mendesak terkait pembangunan proyek konstruksi di Bali yang sangat tergantung dengan bahan material Galian C di Karangasem.

Terlebih hal ini menyangkut proyek pemerintah di akhir tahun anggaran.

“ Jadi untuk Galian C akan saya buat peta, yang mana mereka kira-kira bisa bekerja dengan kondisi tertentu. Misal kita batasi titik tertentu dan Galian C di mana saja yang boleh beroperasi, waktunya kapan, dan batasan waktu seperti apa? Juga pengawasan, dan pendampingannya bagaimana?” jelas Made Mangku Pastika.

Meskipun hampir semua lokasi Galian C berada dalam zona KRB erupsi Gunung Agung, namun Pastika akan tetap mempertimbangkan titik-titik mana yang sekiranya potensi bahayanya tidak terlalu fatal, sehingga cukup waktu melakukan evauasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Sebagian besar Galian C memang berada di zona merah. Makanya nanti kita lihat lagi, mana galian C yang sekiranya masih bisa beroperasi. Kita juga tidak mau membahayakan jiwa rakyat kita. Intinya keselamatan masih nomor satu,” tegas Pastika.








sumber : tribun
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka