Total Harta Rai Mantra Rp 48.931 M, Naik Rp 13 M, KPK Verifikasi - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » , , » Total Harta Rai Mantra Rp 48.931 M, Naik Rp 13 M, KPK Verifikasi

Total Harta Rai Mantra Rp 48.931 M, Naik Rp 13 M, KPK Verifikasi

Written By Dre@ming Post on Rabu, 20 September 2017 | 9/20/2017 07:58:00 PM

Informasi yang dihimpun dalam data laporan harta kekayaan pejabat negara, harta Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra yang dilaporkan pada 2015 Rp 45,604 miliar dan 245.340 dolar AS (Rp 3,3 miliar, kurs Rp 13.562).Jika ditotal, harta Rai Mantra mencapai Rp 48.931 miliar. (Rai Mantra Baju Putih)
DENPASAR - Rombongan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi kantor Wali Kota Denpasar, Bali, pada Selasa (19/9/2017) pagi untuk memverifikasi harta kekayaan si wali kota Rai Dharmawijaya Mantra.

Informasi yang dihimpun, harta kekayaan wali kota meningkat Rp 9 miliar selama tahun.

Informasi yang dihimpun dalam data laporan harta kekayaan pejabat negara, harta Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra yang dilaporkan pada 2015 Rp 45,604 miliar dan 245.340 dolar AS (Rp 3,3 miliar, kurs Rp 13.562).

Jika ditotal, harta Rai Mantra mencapai Rp 48.931 miliar.

Informasi yang dihimpun, sebelum 2015, Rai Mantra juga sempat melaporkan harta kekayaannya pada 2 Februari 2010.

Waktu itu kekayaan Rai Mantra masih sebesar Rp 34.845 miliar ditambah 145.340 dolar AS.

Artinya, dalam lima tahun terakhir, kekayaan orang nomor satu di Denpasar ini meningkat sebesar Rp 13 miliar, dan lonjakan paling tinggi terjadi pada harta tidak bergerak yang naik Rp 9 miliar.

Kemarin, kedatangan komisi antirasuah ini untuk memeriksa harta kekayaan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, dan Wakilnya IGN Jayanegara.

"Kami hanya menceritakan (ke KPK) soal kekayaan yang kita laporkan pada Juli 2015. Mobilnya masih atau tidak, terus dicek tabungannya, ada transaksi begini untuk apa, dan sebagainya," kata Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jayanegara  melalui sambungan telepon.

Untuk diketahui, terakhir dua pejabat penting di Pemkot Denpasar ini melaporkan kekayaannya pada Juli 2015 atau pada saat Pemilihan Wali Kota 2015 silam.

Jayanegara mengatakan, harta kekayaan yang dia laporkan ke KPK pada 2015 silam sebesar Rp 1,4 miliar.

"Tercatat pada saat pelaporan tanggal 22 Juli 2015 itu Rp 1,4 miliar," kata Jayanegara.

Jayanegara menegaskan, pemeriksaan dan verifikasi kekayaan dari KPK ini bukan karena ada masalah, atau kasus, melainkan KPK hanya memverifikasi kekayaan yang dia laporkan ke KPK pada 2015 silam.

"Verifikasi saja. Ceritanya kan dulu kita melaporkan kekayaan kita sekian, nah KPK mengecek apa benar tidak yang kami laporkan itu , dicek fakta riilnya seperti apa. Misalnya dulu bilang tabungan sekian, lalu ini mana, terus ini kendaraannya mana, cuma verifikasi laporan," tutur Jayanegara.

Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra belum berhasil dimintai keterangan soal pemeriksaan kekayaannya oleh KPK kemarin.

Semua Kadis Dicek

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Denpasar AAN Rai Iswara menjelaskan, kedatangan KPK adalah sesuatu yang biasa, sebab seluruh pejabat negara memang diwajibkan melaporkan harta kekayaannya.

"Tidak ada pemeriksaan, kan cuma verifikasi saja. Bukan hanya pak wali dan pak wakil, tapi semua kepala dinas (kadis) juga dicek, cuma diawali dengan pak wali dan pak wakil. Nanti saya juga diverifikasi. Ada jadwalnya, itu suatu hal biasa," kata Rai Iswara.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Denpasar, Wayan Sudiana menjelaskan, terkait LHKPN ini lebih bersifat pribadi antara KPK dengan pribadi pejabat yang wajib LHKPN.

Para pejabat yang wajib LHKPN itu, antara lain pejabat eselon II, pejabat pembuat komitmen (PPK), auditor yang ada di inspektorat, semua pejabat di Badan Pendapatan Kota Denpasar, pejabat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pindu (Dinas Perizinan), seluruh Direktur Perusahaan Daerah (Dirut/Direktur PD Parkir, PDAM, dan PD Pasar.












Sumber : Tribun
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka