Prasasti Emas, Candi Sambisari Bukti Kejayaan Hindu di Tanah Jawa - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » , , » Prasasti Emas, Candi Sambisari Bukti Kejayaan Hindu di Tanah Jawa

Prasasti Emas, Candi Sambisari Bukti Kejayaan Hindu di Tanah Jawa

Written By Dre@ming Post on Minggu, 16 Juli 2017 | 7/16/2017 05:39:00 AM

Candi Sambisari di desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY.
SLEMAN - Berwisata dan belajar dari saksi sejarah purbakala menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang.

Beberapa orang memilih berwisata ke tempat-tempat yang memiliki kisah sejarah purbakala seperti di Candi-candi, museum dan tempat bersejarah lainnya.

Salah satu tempat yang memiliki kisah sejarah di zaman dahulu ialah, Candi Sambisari. Candi Sambisari merupakan candi yang dibangun pada abad ke-9, dan terletak di desa Purwomartani, Kalasan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut pihak pengelola candi Sambisari, Candi tersebut memiliki kemiripan dengan candi Prambanan yang berlatar belakang keagamaan bersifat Siwaistis.

"Di dalam candi tersebut terdapat patung-patung dewa Hindu, dan juga terdapat Lingga (Perwujudan dari dewa Siwa)- Yoni (Perwujudan istri Siwa)," kata seorang pengelola candi Sambisari.

Selain patung-patung di candi utama tersebut, di candi ini memiliki patung di tiap titik penjuru arah. Diantaranya ialah patung Durga Mahisasuramardhini di sebelah utara, Ganesa di Timur dan Agastya di Selatan.

Ada juga patung yang menjadi simbol penjaga pintu yaitu Mahakala dan Nandiswara.

Menurut seorang pengelola candi Sambisari tersebut, Candi ini ditemukan pada tahun 1966 tepatnya pada bulan Juli. Candi Sambisari ternyata ditemukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul tanah milik seseorang bernama Karyowinangun.

"Seorang petani tersebut ternyata mencangkul bagian batuan ukir reruntuhan candi Sambisari ini, candi ini ternyata terpendam hingga kedalaman 6,5 meter di dalam tanah yang merupakan endapan lahar vulkanik gunung Merapi," ujar salah seorang pengelola candi.

Pada tahun 1966 itu pula, para Arkeolog mulai melakukan penelitian terhadap candi tersebut.

Pihak pengelola candi menambahkan bahwa, pada tahun 1975 hingga 1977 para Arkeolog berhasil menampakan sebuah bangunan candi utama dan tiga buah candi Perwara, dan ke semua bagian tubuh candi tersebut masih dalam kondisi aslinya.

"Pada selang waktu tahun 1975 hingga 1977 itu, saat penggalian juga ditemukan berbagai macam prasasti. Diantaranya ialah, Prasati Emas di salah satu umpak pada candi utama yang berukuran 2x1 cm, lalu ada lagi arca yang berukuran tinggi 29 cm dan lebar 12 cm," tambah seorang pengelola tersebut.

Pada prasasti emas yang masih tersimpan rapi itu, di salah satu sisinya bertuliskan Om Siwasthana, yang artinya 'Hormat, rumah bagi dewa Siwa'.

Selain itu, Arca yang ditemukan merupakan sebuah Arca Vajrapani, yakni ialah seorang Bodhisattva.

Menurut keterangan yang ada di pusat Informasi candi tersebut, Pemugaran Candi Sambisari ini selesai pada tahun 1986.

Kawasan candi Sambisari yang terletak di bagian bawah permukaan tanah, tampak berdiri megah dari ketinggian, dikelilingi pagar batu kotak candi tersebut tersusun sangat rapi.

Di pinggiran Candi juga dikelilingi rerumputan hijau yang terawat menambah asri lokasi candi tersebut.

Lokasi candi Sambisari tersebut juga sangat bersih dan rapi, taman-taman kecil di sekitar candi bisa menjadi tempat bersantai sembari menikmati pemandangan berupa candi yang megah dari ketinggian.

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp.7000 untuk menikmati keindahan, sekaligus belajar sejarah di peninggalan purbakala ini. Yaitu biaya parkir kendaraan Rp.2000 dan tiket masuk sebesar Rp.5000. Candi Sambisari di desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY. Candi Sambisari di desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY.

Untuk menuju ketempat tersebut, dari kota Yogyakarta anda bisa melalu jalan Ring road utara ke arah Timur.

Sampai di jalan menyerong ring road utara, tepatnya di pojok jalan sebelum lotte mart ambil kiri dan terus ikuti jalan ke utara hingga bertemu perempatan setelah pasar.

Dari perempatan itu ambil jalan ke kanan, ikuti jalan hingga bertemu pertigaan ambil kiri, terus ikuti jalan hingga bertemu pertigaan lagi dan belok ke kanan. Lurus terus ke selatan anda sudah akan tiba di Candi Sambisari tersebut.









sumber : tribun
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka