Parah! Ratusan Tewas, Kebakaran Klab Malam di Brazil, Petugas Sulit Identifikasi Korban Wanita - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Parah! Ratusan Tewas, Kebakaran Klab Malam di Brazil, Petugas Sulit Identifikasi Korban Wanita

Parah! Ratusan Tewas, Kebakaran Klab Malam di Brazil, Petugas Sulit Identifikasi Korban Wanita

Written By Dre@ming Post on Senin, 28 Januari 2013 | 1/28/2013 07:48:00 AM

Senin, 28/01/2013 07:09

Klub Malam di Brazil Terbakar, 245 Orang Tewas 

Boate Kiss Klub, Santa Maria, Brazil - "Setidaknya satu pintu keluar terkunci. Ratusan orang yang terjebak di dalamnya meninggal. Banyak juga yang sesak napas karena menghirup asap," tambah Luiza. "Ketika saya melihat sekeliling, mayat-mayat tampak tergeletak di lantai. Itu mengerikan. Kejadinnya begitu cepat," kata korban selamat Taynne Vendrusculo dari GloboNews TV.
Kebakaran hebat melanda sebuah klub malam Boate Kiss di Santa Maria, Brazil bagian selatan. Sebanyak 245 korban tewas dalam insiden tersebut.

"Api mulai muncul ketika seorang anggota band atau seseorang dari tim produksi yang memantik api yang kemudian membakar langit-langit. Penyebaran api hanya dalam hitungan detik," kata seorang pejabat polisi sipil, Luiza Sousa seperti dikutip dari
Reuters, Minggu (27/1/2013).

Menurut Luiza, diperkirakan ada 500 orang berada di dalam klub saat peristiwa tersebut terjadi. Banyak korban yang tidak dapat menemukan pintu keluar karena karena asap hitam memenuhi ruangan.

"Setidaknya satu pintu keluar terkunci. Ratusan orang yang terjebak di dalamnya meninggal. Banyak juga yang sesak napas karena menghirup asap," tambah Luiza.

Menurut Kepala Unit Polisi Militer yang memimpin upaya penyelamatan, Mayor Cleberson Bastianello, pada tengah hari (1400 GMT), semua mayat telah di evakuasi dari Boate Kiss. Korban yang mengalami luka-luka sebanyak 48 orang dan telah dirawat di rumah sakit setempat.

"Ketika saya melihat sekeliling, mayat-mayat tampak tergeletak di lantai. Itu mengerikan. Kejadinnya begitu cepat," kata korban selamat Taynne Vendrusculo dari GloboNews TV.

Polisi Ralat Jumlah Korban Kebakaran Klab Malam di Brazil

Kebakaran menewaskan ratusan warga di Boate Kiss Klub, Santa Maria, Brazil. Polisi setempat semula mengatakan korban berjumlah 245 orang, namun meralat keterangan tersebut menjadi 232 orang. Peristiwa kebakaran ini menyentuh hati Presiden Brazil, Dilma Rousseff.

"Kami berusaha untuk memobilisasi semua sumber daya yang mungkin untuk membantu penyelamatan," kata presiden Dilma sambil meneteskan air mata seperti dilansir Reuters, Minggu (27/1/2013).

Presiden yang memulai karirnya dari Santa Maria tersebut mengatakan, pihaknya mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya terkait insiden tersebut. Sebelumnya, Presiden Dilma hendak mengunjungi Chile. Namun di tengah jalan, ia memutar balik tujuannya ke lokasi kebakaran.

Kebakaran serupa juga pernah terjadi pada tahun 2003 dan 2004. Sebuah klub malam di West Warwick, Pulau Rhode mengalami kebakaran pada tahun 2003. Peristiwa tersebut menewaskan 100 orang.

Selain itu, kebakaran di klub malam Buenos Aires juga pernah terjadi pada tahun 2004. Kebakaran tersebut menelan korban sekitar 200 orang. Ironisnya, pemicu dalam kedua insiden tersebut adalah api yang muncul dari band atau anggota penonton.

"Bantuan darurat medis dari seluruh negara sedang dikirim ke lokasi kejadian," ucap Menteri Kesehatan, Ciro Simoni.

Ia menambahkan, pihaknya tengah melakukan segala cara untuk menanggulangi kejadian tersebut.

Mayoritas Korban Kebakaran Brazil Adalah Mahasiswa

Brazil - Sebuah klab malam di Santa Maria Brazil ludes diamuk api. Ratusan korban tewas akibat kebakaran tersebut sebagian besar adalah mahasiswa.

"Sebagian besar dari para mahasiswa meninggal karena sesak napas. Yang lainnya hancur di injak-injak," ujar salah seorang pejabat polisi sipil, Luiza Sousa seperti dikutip dari Reuters, Minggu (27/1/2013).

Menurut Komandan Regu Pemadam Kebakaran Santa Maria, setidaknya satu pintu keluar terkunci. Awalnya pelanggan dilarang meninggalkan klab, namun akhirnya petugas keamanan mengalah ketika mereka melihat api melanda langit-langit.

Petugas keamanan tersebut mencoba memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran. Namun hal tersebut sia-sia. Api dengan lahapnya melalap bangunan tersebut. Korban bergelimpangan pun tak terelakkan lagi.

"Kami harus membersihkan jalan, melalui mayat-mayat untuk sampai ke seluruh orang yang berada di dalam," kata Guido.

Menurut Guido, kebakaran tersebut terjadi di sekitar 2:30 pagi. "klub yang memiliki kapasitas 2 ribu orang ini, selalu sibuk di akhir pekan tapi tidak lebih ramai dari biasanya," ujarnya.

Santa Maria, adalah wilayah dengan populasi lebih dari 275.000 jiwa. Lokasi tersebut berjarak sekitar 186 km sebelah barat dari ibukota negara bagian Porto Alegre.

Sementara itu, standar tanggap darurat dan keselamatan Brazil saat ini berada di bawah pengawasan khusus yang sedang mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 dan turnamen sepak bola Olimpiade 2016.

Kebakaran Klab Malam di Brazil, Petugas Sulit Identifikasi Korban Wanita 

Jakarta - Ratusan orang tewas akibat kebakaran yang terjadi di sebuah klab malam di Brazil. Pihak aparat terus melakukan identifikasi terhadap korban. Korban tersebut dipisahkan sesuai jenis kelamin, sebab korban laki-laki lebih mudah diidentifikasi.

"Sebagian besar korban laki-laki memiliki identitas," ucap Komandan Regu Pemadam Kebakaran Santa Maria, Kolonel Guido Pedroso de Melo seperti dilansir dalam Reuters, Minggu (27/1/2013).

Sedangkan korban wanita, menurut Guido, sering kali meninggalkan dompetnya berserakan. Hal tersebut otomatis mempersulit proses identifikasi.

Sementara itu, pejabat lokal dan federal terkejut dengan kebakaran yang terjadi di Klab tersebut. Sebab ini merupakan insiden langka, di mana penegakan kode pengaman sudah relatif ketat.

Setelah api Buenos Aires, pejabat Argentina menutup banyak klub malam dan tempat-tempat lainnya. Mereka juga memaksa walikota untuk melakukan pengawasan.

Sebelumnya dikatakan, kebakaran terjadi di Boate Kiss klab, Santa Maria, Brazil, Minggu (27/1) pukul 02.30 waktu setempat. Sebanyak 232 orang ditemukan meninggal dan 48 lainnya luka-luka.


sumber : detik
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka