Kim Jong-Un Hidupkan Lagi Pidato Tahun Baru - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Kim Jong-Un Hidupkan Lagi Pidato Tahun Baru

Kim Jong-Un Hidupkan Lagi Pidato Tahun Baru

Written By Dre@ming Post on Rabu, 02 Januari 2013 | 1/02/2013 08:13:00 AM

Rabu, 2 Januari 2013 | 08:09

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un saat menyampiakan pidato tahun baru pada Selasa 91/1/2013) di Pyongyang.
SEOUL - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un pada Selasa (1/1/2013) menghidupkan kembali pidato tahun baru yang lama tak dilakukan. Dalam pidatonya, ia menyerukan sebuah perubahan radikal untuk perekonomian Korut.

Pidato Kim yang disiarkan oleh televisi Pemerintah Korut adalah yang pertama dalam 19 tahun terakhir. Pidato terakhir dilakukan kakek Kim yang merupakan presiden pertama Korea Utara, Kim Il-Sung.
Ayahnya, Kim Jong-Il, hampir tidak pernah berbicara langsung kepada rakyatnya.

"Tahun 2013 akan menjadi saksi dari sekian banyak perubahan radikal yang akan diterapkan. Langkah terpenting adalah bagaimana kita menjelma menjadi raksasa ekonomi," kata Kim.

Ia memuji keberhasilan ilmuwan ruang angkasa Korut dalam meluncurkan roket jarak jauh bulan lalu. Kim mengatakan upaya seperti itu juga harus dilakukan di bidang ekonomi.

"Seluruh entitas di negara ini harus bekerja keras semaksimal mungkin pada tahun ini demi membangun sebuah raksasa ekonomi dan meningkatkan standar hidup rakyat," katanya.

Akan tetapi, Kim tidak menjelaskan arah kebijakan tertentu guna mencapai tujuan itu, mengingat Korut sendiri terisolasi dengan berbagai sanksi PBB dan sangat bergantung kepada China dalam hal perdagangan luar negeri.

Ketika Kim Jong-Il meninggal pada Desember 2011, Korea Utara berada dalam kondisi perekonomian yang memprihatinkan akibat kebijakan berorientasi militer yang dijalankannya. Hal itu juga disertai dengan ambisi program nuklir yang menghabiskan dana rakyat.

Meskipun ada peningkatan dari segi ketersediaan pangan, kehidupan jutaan warga Korut masih dihantui dengan masalah malnutrisi, berdasarkan laporan terakhir dari Program Pangan Dunia (WFP).

Pernyataan Kim juga terkesan pro-normalisasi karena dia mendesak agar ketegangan antarnegara di Semenanjung Korea itu segera diturunkan.

"Masalah penting lain adalah mengakhiri perpecahan antar-negara dan mencapai reunifikasi untuk menghilangkan konfrontasi antara Korut dan Korsel," ungkap Kim dalam pidatonya. "Rekam jejak masa lalu dari hubungan kedua negara Korea menunjukkan bahwa konfrontasi antar-kita tidak menghasilkan apa-apa selain peperangan," katanya.

Namun, dalam pidato itu Kim juga menekankan bahwa membangun perekonomian tidak berarti bergeser dari kebijakan pro-militer yang digagas ayahnya.

"Militer merupakan kekuatan nasional yang mewakili sebuah negara. Hanya dengan membangun militer yang kuatlah sebuah negara dapat berkembang menjadi lebih hebat lagi," katanya.



sumber : kompas
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka