Serba Serbu Malam Tahun Baru 2013 - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Serba Serbu Malam Tahun Baru 2013

Serba Serbu Malam Tahun Baru 2013

Written By Dre@ming Post on Selasa, 01 Januari 2013 | 1/01/2013 08:38:00 AM

Selasa, 1 Januari 2013 | 09:09

Jokowi Buka Kemungkinan "Car Free Night" Tiap Bulan

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo turut hadir di kawasan Bundaran Hotel Indonesia saat Car Free Night dalam rangka gelaran Jakarta Night Festival menjelang perayaan Tahun Baru 2013, Senin (31/12/2012) malam. Sebanyak 16 panggung disiapkan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - MH Thamrin untuk menghibur warga di malam pergantian tahun.
JAKARTA - Meski kegiatan Car Free Night di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarat Pusat, di malam pergantian tahun yang diisi dengan Jakarta Night Festival masih ada sejumlah kekurangan, bukan berarti gagal.

Bahkan, Gubernur DKI Jakarta membuka kemungkinan acara semacam itu digelar secara rutin setiap bulan. Hal tersebut dikatakan Jokowi saat wawancara dengan Kompas TV di arena Jakarta Night Festival yang
dipusatkan di Bundaran HI, Senin (31/12/2012) malam.

"Ya tergantung masyarakatnya bagaimana. Kalau pengin setiap bulan juga enggak apa-apa," kata Jokowi saat ditanya kemungkinan acara tersebut digelar kembali di tahun mendatang.

Ruas jalan yang biasanya ramai kendaraan, di malam tahun baru berubah drastis penuh pejalan kaki bahkan lebih ramai ketimbang Car Free Day yang sudah digelar secara rutin di ruas jalan yang sama. Sampai-sampai, karnaval yang direncanakan melibatkan ribuan sepeda tidak berjalan sesuai rencana karena jalanan penuh sesak. Antusiasme warga sangat tinggi hadir di acara tersebut.

"Enggak nyangka aja ada acara seperti ini. Di jalan Sudirman Thamrin lagi. Jokowi sukses bikin warga seneng," kata Marsya (26) seorang warga Salemba yang hanya berhenti sampai di depan EX Plaza.

Hal senada juga diungkapkan Arga (32) yang datang bersama rekan-rekannya dengan menggunakan sepeda. Ia cukup senang ada acara seperti ini karena dapat bersepeda dengan bebas di malam hari tanpa harus berebut jalan dengan kendaraan lain di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

"Menarik sih. Tapi susah kayaknya kalo sering diadakan seperti Car Free Day. Tapi intinya ya senang lah," ujar Arga yang juga diamini oleh rekan-rekannya.

Namun apapun yang dirasakan warga Jakarta saat ini, pengalaman merayakan pergantian tahun di jalan yang selalu dipadati kendaraan ini menjadi sesuatu yang unik dan mampu memberikan alternatif bagi para warga yang hanya menghabiskan libur panjang di Kbu Kota.

Kapan lagi melihat warga Jakarta tumpah ruah di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin berjalan kaki? Kira-kira akankah Jokowi memberlakukan Car Free Night rutin seperti Car Free Day? Kita tunggu saja.

Sambut Tahun Baru, Pengunjung Ancol Tembus 220.000 Orang

JAKARTA - Taman Impian Jaya Ancol selalu menjadi salah satu pusat perayaan malam pergantian tahun. Jumlah pengunjung ke tempat wisata itu pun membeludak.

Jumlah pengunjung yang tercatat, Senin (31/12/2012) hingga menjelang pergantian tahun menembus angka lebih dari 200.000 orang. Ini jauh daripada jumlah pengunjung harian yang hanya belasan ribu orang saja. Bahkan lebih banyak daripada tingkat kunjungan saat libur Idul Fitri, Idul, Adham atau hari besar lainnya.

"Pukul 22.00, jumlah tiket yang terjual telah mencapai 220 ribu," kata Aldhita Prayudi Putra, Kepala Bagian Humas dan Promosi Taman Impian Jaya Ancol. Itu belum termasuk yang datang menjelang pukul 00.00.

Pesta Meriah

Seperti yang telah dijanjikan pihak penyelenggara, semarak pesta kembang api di Taman Impian Jaya Ancol berlangsung meriah. Pesta kembang api dilangsungkan secara serempak di 3 tempat dan tepat pukul 00.00, Selasa (1/1/2013) yaitu di Pantai Karnaval, Pulau Tengah Ocean Ecopark, dan Putri Duyung Cottage.

Selain pesta kembang api yang dilaksanakan oleh penyelenggara, suasana makin semarak dengan banyaknya berbagai kembang api yang dinyalakan sendiri oleh para pengunjung dan tentu saja tidak ketinggalan bunyi-bunyi terompet.

"Sudah dipersiapkan sejak tadi sore, dibawa langsung dari rumah," kata Anton Suharso, yang datang bersama istri dan anak-anaknya.

Menurut Anton, dirinya sengaja membawa kembang api untuk memeriahkan malam pergantian tahun.

Ribuan warga yang merayakan tahun baru pun tampak antusias mengikuti puncak pesta perayaan tahun baru ini. Sejumlah warga yang pada awalnya hanya duduk-duduk mulai berbondong-bondong bergerak ke arah perhelatan acara utama. 

Tawuran di Malam Tahun Baru, Satu Remaja Tewas

JAKARTA - Muhammad Rafik (12) tewas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (1/1/2013) dini hari.

Ia menjadi korban pembacokan setelah terlibat tawuran dengan kelompok remaja lain pada malam pergantian tahun.

Erwin, petugas keamanan rumah sakit mengatakan, Rafik dibawa ke rumah sakit pada pukul 01.15 dini hari. Korban mengalami luka sabet di punggung setelah terlibat tawuran dengan kelompok remaja lain di Pisangan Timur, Penggilingan, Jakarta Timur sekitar pukul 00.30, Selasa (1/1/2013).

"Saat sampai di sini, anak itu masih hidup, sekitar 15 menit setelah diperiksa kemudian dia meninggal dunia," kata Erwin.

Sekitar pukul 03.00 keluarga korban yang telah tiba didampingi aparat kepolisian membawa jenazah Muhamad Rafik ke RS Cipto Mangunkusumo, Jakpus untuk dilakukan otopsi.

Sebelumnya diberitakan hari ini saat pergantian tahun, terjadi tiga insiden tawuran di Jakarta Timur yang dilakukan kelompok remaja.

Selain di dekat TPU Prumpung, rupanya bentrok antarkelompok remaja juga terjadi di Jalan Basuki Rahmat, tepatnya di seberang Pasar Gembrong yang hendak mengarah ke Duren Sawit, serta di Pisangan Timur, Penggilingan, Jakarta Timur yang mengakibatkan seorang anak di bawah umur itu tewas. 

Bakso Gratis di Malam Tahun Baru Ternyata Tidak Menarik

KEFAMENANU - Acara makan bakso gratis dan pesta kembang api yang digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, menyambut tahun baru ternyata tidak terlalu disambut warga.

Lantaran hanya dihadiri oleh sedikit warga, Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes kecewa. Kekecewaan Bupati tersebut dikatakan dalam sambutannya saat membuka kegiatan yang juga hanya dihadiri oleh beberapa orang pejabat saja, Senin (31/12/2012) malam.

"Kalau warga yang datang hadiri acara ini hanya seperti ini, mendingan tahun depan tidak usah diselenggarakan acara ini. Apalagi banyak pejabat SKPD yang tidak hadir. Padahal mereka seharusnya hadir duluan baru warga bisa datang dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Momen seperti ini, kita harus kumpul bersama," ujar Fernandes.

Acara di lapangan Kantor Bupati TTU tersebut dipimpin langsung oleh Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes, Rektor Universitas Timor, Sirilus Seran, serta sejumlah asisten, dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Setda TTU.

Meski demikian, seluruh bakso yang dihidangkan habis diserbu warga yang hadir. Warga telah mendatangai lokasi ejak pukul 20.00 Wita dan langsung menikmati secara cuma-cuma. Tersedia delapan gerobak bakso dan tak sampai satu jam stok bakso pun akhirnya ludes.

Pantauan Kompas.com, banyak kursi undangan yang disiapkan panitia untuk pejabat namun hanya diisi orang beberapa orang pejabat saja. Sementara warga yang datang hanya puluhan orang saja dan itu pun paling banyak adalah anak-anak.

Haram, Di Aceh Perayaan Tahun Baru dengan Tiup Terompet Dilarang

Banda Aceh - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh melarang masyarakat Aceh untuk merayakan kegiatan hura-hara pada malam pergantian tahun karena dikategorikan haram. Warga diminta mengadakan acara zikir dan doa.

"Jangan rayakan pergantian tahun dengan hura-hura seperti bakar mercon, tiup terompet, dansa, serta tindakan yang melanggar syariat Islam. Penyambutan itu haram dilakukan oleh warga Aceh," kata Wakil Ketua MPU Aceh, Tengku H Faisal Ali pada detikcom, Senin (30/12).

Faisal, mengimbau umat Islam agar tidak menyambut Tahun Baru 2013 dengan pesta pora, apalagi meniup terompet, membakar lilin, atau duduk berbaur pria dan wanita non muhrim, sebab semua itu merupakan perbuatan setan dan tergolong maksiat.

Ia berharap agar Pemerintah bersama aparatnya harus mengawasi secara ketat. "Agar perayaan tahun baru tidak memunculkan hal-hal yang negatif," ujarnya.

Informasi yang dihimpun detikcom, Pemerintah Kota Banda Aceh sejak minggu malam sudah mensosialisasikan larangan bagi para pedagang di ibukota provinsi Aceh untuk tidak menjual terompet dan kembang api yang biasanya identik dengan perayaan malam tahun baru. Warga kota juga dilarang meniup terompet dan membakar kembang api.

Sementara itu, untuk kelancaran dan ketertiban dalam menyambut malam pergantian Tahun baru, sejumlah ruas jalan seperti Persimpangan Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh mulai pukul 22.00- 02.00 WIB dini hari nanti ditutup.

Sedikitnya 800 petugas gabungan dari Polda Aceh, Polresta, Pomdam IM, Prajurit TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP diturunkan untuk mengatur jalur-jalur yang masuk car free night (malam bebas kendaraan) dikhususkan bagi pejalan kaki yang telah memarkirkan kendaraannya di titik-titik yang sudah ditentukan.

Adapun jalur yang tetap dibuka bagi pengendara bermotor, yakni arah Darussalam berbelok ke kanan memasuki Jalan Syiah Kuala dan Jalan Pocut Baren (Jambo Tape) serta ke Jalan T Hasan Dek, hingga Simpang Surabaya. Selanjutnya Jalan Chik Ditiro , Jalan Chik Pante Kulu (depan Masjid Raya Baiturrahman), Jalan Muhammad Jam, Jalan KHA Dahlan, dan Jalan Tepi Kali Krueng Aceh.

Sedang Pemerintah kota Lhokseumawe juga mengimbau warganya untuk tidak merayakan malam pergantian tahun baru dengan meniup terompet, melakukan yang melanggar syariat islam serta dilarang keras menyalakan kembang api khususnya di dekat tempat ibadah seperti masjid, meunasah yang menganggu suasana doa dan zikir warga.

Usai Car Free Night, Dompet Kosong Berserakan di Bundaran HI

JAKARTA - Sejumlah orang melapor telah kehilangan barang-barang berharga miliknya selama menghadiri Jakarta Night Festival di arena Car Free Night, Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta di malam pergantian tahun.

Mereka kehilangan dompet, handphone, dan surat-surat berharga seperti STNK motor dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Sekitar 16 orang yang membuat laporan kehilangan di pos polisi Bundaran HI," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombespol Rikwanto pada Selasa (1/1/2013).

Selain itu, ditemukan juga banyak dompet yang berserakan di jalan, namun sudah tidak ada uang di dalam dompet tersebut. Polisi juga menangkap satu orang pencopet dan pelaku telah dibawa pihak kepolisian ke Polsek Menteng untuk diperiksa.

"Ada beberapa saksi juga melihat copet yang berkomplot. Mereka terlihat mengoper-ngoper barang copetan mereka kepada beberapa temannya," kata Rikwanto.

Menurutnya, padatnya suasana CFN membuat copet lebih leluasa melakukan tindakan kejahatan. Untuk itu, polisi akan melakukan evaluasi agar tindakan kejahatan tidak terus terulang pada acara-acara berikutnya.

Rikwanto menambahkan, sekitar 200.000 orang berkumpul dalam acara Jakarta Night Festival Bundaran HI. Untuk itu, tindakan kejahatan lebih mudah dilakukan karena situasinya yang berdesakan.

Diana, salah satu pengunjung CFN turut membuat laporan kehilangan di pos polisi Bundaran HI. Ia kehilangan handphone Samsung Galaxy W saat melihat konser The Changcuters di panggung utama depan Bundaran HI.

"Tadi hp-nya di kantong, pas nonton Changcuters di depan panggung," kata Diana.

Diberitakan sebelumnya, acara Jakarta Night Festival diselenggarakan di 16 titik panggung sepanjang Bundaran Senayan sampai Monas. Acara ini DKI Jakarta menggunakan kebijakan Car Free Night dan melarang pengendara bermotor melintas sepanjang jalan Sudirman-Thamrin selama acara berlangsung.

sumber : kompas, detik
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka