Lukisan Monet Terjual Seharga Rp 412 Miliar di New York - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Lukisan Monet Terjual Seharga Rp 412 Miliar di New York

Lukisan Monet Terjual Seharga Rp 412 Miliar di New York

Written By Dre@ming Post on Jumat, 09 November 2012 | 11/09/2012 07:15:00 AM

Jumat, 9 November 2012 | 06:09
Lukisan ini awalnya ditaksir akan terjual antara $30 juta hingga $50 juta
NEW YORK - Salah satu lukisan bunga teratai karya Claude Monet terjual seharga 43,7 juta dollar AS (Rp 412 miliar) dalam sebuah lelang di New York.

Lukisan karya Wassily Kandinsky juga terjual seharga 23 juta dollar AS di lelang seni Impressionisme dan Modern Christie's, yang merupakan
rekor baru bagi seniman itu.

Karya Picasso dan Miro juga terjual dalam dua minggu pertama lelang.

Namun, sekitar 30 persen dari 69 lukisan yang dilelang gagal menemukan pembeli, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Lukisan cat minyak berjudul Nympheas ini dibuat pada 1905 saat Monet tinggal di Giverny. Awalnya, ditaksir akan laku terjual antara 30 juta dollar AS hingga 50 juta dollar AS.

Di antara sejumlah karya seni yang gagal terjual adalah patung Picasso, Coq, yang ditaksir bernilai antara 10 juta dollar AS-15 juta dollar AS dan sejumlah karya Chagall dan Degas.

Beberapa ahli memperingatkan disparitas antara nilai seni dan ekonomi tidak dapat terus terjadi. Meski karya-karya yang diincar para kolektor terus meningkat nilainya, sektor-sektor lain di pasar seni tidak mendapat animo yang sama.

Namun, Brooke Lampley, kepala divisi seni Impressionisme dan Modern di Christie's, mengatakan, lelang itu adalah "penjualan yang sangat kuat dengan hasil luar biasa".

Hari Kamis (8/11/2012), balai lelang Sotheby's akan menggelar lelang impresionisme. Event ini ditunda tiga hari karena serangan badai Sandy.

Di antara 68 karya yang ditawarkan, minat para kolektor tertuju pada lukisan karya Pablo Picasso berjudul "Still Life with Tulips" yang dilukis sang maestro kubisme dalam waktu tiga jam pada tahun 1932.

Pekan depan, dua balai lelang akan mengadakan lelang seni kontemporer, yang diantaranya menawarkan karya Jean-Michel Basquiat berjudul "Untitled" dari tahun 1981.

Lelang itu bisa mencetak rekor baru bagi pelukis yang meninggal dunia pada usia muda itu.

Basquiat awalnya dikenal sebagai seniman grafitti di kota New York sebelum menjadi salah satu pelukis paling terkenal di kota itu.

Ia meninggal pada usia 27 tahun akibat kecanduan heroin pada 1988.
sumber : kompas 
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka