Bom Bunuh Diri Tewaskan 6 Orang, Bom Mobil Meledak 1 Tewas - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Bom Bunuh Diri Tewaskan 6 Orang, Bom Mobil Meledak 1 Tewas

Bom Bunuh Diri Tewaskan 6 Orang, Bom Mobil Meledak 1 Tewas

Written By Dre@ming Post on Kamis, 08 November 2012 | 11/08/2012 07:12:00 AM

Kamis, 8 November 2012 | 06:59

Bom Mobil Meledak di Parlemen Somalia, 1 Tewas

Tentara Kenya yang tergabung dalam Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) berpatroli di jalanan kota pelabuhan Kismayo, sekitar 500 kilometer sebelah selatan ibu kota Mogadishu, Minggu (7/10). Setelah menguasai Kismayo, pasukan Uni Afrika bersama pasukan militer Somalia merebut kota Wanla Weyn yang sebelumnya dikuasai kelompok Al-Shabaab, yang menjadi pukulan terakhir bagi kelompok militan yang terkait jaringan Al Qaeda itu.
MOGADISHU - Sedikitnya satu orang tewas ketika bom mobil meledak di  halaman parkir Gedung Parlemen di Mogadishu, Somalia, Rabu (7/11/2012). Bom itu meledak ketika anggota parlemen bersidang di dalam gedung.

Jenderal Mohamed Abdulle, kepada Reuters, mengatakan, mobil yang berisi bom itu diparkir di antara mobil-mobil milik anggota parlemen. Akibat ledakan ini,
seorang prajurit Somalia tewas.

"Mobil itu meledak dan satu prajurit militer tewas. Tidak ada korban lain, tetapi sejumlah mobil rusak," kata Jenderal Abdulle.

Belum jelas siapa dalang dari serangan itu, tetapi Al-Shabaab berulang kali menyerang Mogadishu. Al-Shabaab berupaya menggoyang Pemerintah Somalia dan pasukan Uni Afrika (AU).

Sejak menarik diri dari Mogadishu pada Agustus 2011, Al-Shabaab melancarkan serangan-serangan bom bunuh diri dan granat terhadap pemerintah dan pasukan AU.

Pada Sabtu (3/11/2012), dua pelaku bom bunuh diri menyerang sebuah restoran di Mogadishu. Seorang penjaga keamanan, yang berusaha mencegah mereka memasuki bangunan itu, tewas.

Somalia dilanda pergolakan kekuasaan dan anarkisme sejak para panglima perang menggulingkan diktator militer Mohamed Siad Barre pada 1991. Selain itu, perompakan, penculikan, dan kekerasan mematikan juga melanda negara tersebut.

Al-Shabaab yang bersekutu dengan Al Qaeda mengobarkan perang selama beberapa tahun ini dalam upaya menumbangkan pemerintah sementara Somalia yang didukung PBB.

Nama Al-Shabaab mencuat setelah serangan mematikan di Kampala pada Juli 2010. Para pejabat AS mengatakan, kelompok Al-Shabaab bisa menimbulkan ancaman global yang lebih luas.

Al-Shabaab mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Kampala, ibu kota Uganda, pada 11 Juli yang menewaskan 79 orang.

Pengeboman itu merupakan serangan terburuk di Afrika timur sejak pengeboman 1998 terhadap kedutaan besar AS di Nairobi dan Dar es Salaam yang diklaim oleh Al Qaeda.

Washington menyebut Al-Shabaab sebagai sebuah organisasi teroris yang memiliki hubungan dekat dengan jaringan Al Qaeda pimpinan Osama bin Laden.

Milisi garis keras Al-Shabaab dan sekutunya berusaha menggulingkan pemerintahan Presiden Sharif Ahmed ketika mereka melakukan penyerangan mematikan beberapa tahun lalu.

Mereka menghadapi perlawanan sengit dari kelompok milisi propemerintah yang menentang pemberlakuan hukum Islam yang ketat di wilayah Somalia tengah dan selatan yang mereka kuasai.

Al-Shabaab dan kelompok gerilya garis keras lain ingin memberlakukan hukum syariah yang ketat di Somalia dan juga telah melakukan eksekusi-eksekusi dan pelemparan batu di wilayah selatan dan tengah.

Bom Bunuh Diri di Peshawar Tewaskan 6 Orang

PESHAWAR - Serangan bom bunuh diri di kota Peshawar, Pakistan, Rabu (7/11/2012), menewaskan sedikitnya enam orang, termasuk seorang polisi senior. Demikian kata sejumlah pejabat.

Beberapa saksi mengatakan, ledakan itu terjadi di daerah ramai di Peshawar yang sering dilanda serangan bom. Para saksi menambahkan, darah dan bagian tubuh terlihat di jalan setelah serangan tersebut.

Pejabat kepolisian Badshah Khan mengatakan, pelaku bom bunuh diri yang berjalan kaki itu menyerang kendaraan penyelidik senior Hilal Haider sehingga menewaskan polisi itu dan sejumlah rekannya.

Sejumlah petugas rumah sakit dan pejabat senior pemerintah Habibullah Arif mengatakan, lebih dari 30 orang cedera akibat ledakan itu. Beberapa dari mereka berada dalam kondisi kritis.

Peshawar adalah ibu kota Provinsi Khyber Pakhtunkhwa dan merupakan pintu gerbang menuju kawasan suku semiotonomi  yang berbatasan dengan Afganistan. Peshawar sering disebut-sebut sebagai markas Al Qaeda dan Taliban.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Pakistan sering dilanda serangan bom bunuh diri dan penembakan. Hingga saat ini, tak kurang 5.200 orang tewas sejak pasukan pemerintah menyerbu sebuah masjid yang menjadi tempat persembunyian militan di Islamabad pada Juli 2007.

Kekerasan sektarian meningkat sejak gerilyawan Sunni memperdalam hubungan dengan kelompok militan Al Qaeda dan Taliban setelah Pakistan bergabung dalam operasi pimpinan AS untuk menumpas militansi pascatragedi 11 September 2001 di AS.

Pakistan juga mendapat tekanan internasional untuk menumpas kelompok militan di Peshawar di tengah meningkatnya serangan-serangan lintas batas gerilyawan terhadap pasukan internasional di Afganistan.

sumber : kompas
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka