Foto Syur Novi, Pengacara Lapor Komnas HAM - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Foto Syur Novi, Pengacara Lapor Komnas HAM

Foto Syur Novi, Pengacara Lapor Komnas HAM

Written By Dre@ming Post on Rabu, 17 Oktober 2012 | 10/17/2012 07:47:00 AM

Rabu, 17 Oktober 2012 | 07:09

Polisi Telusuri Penyebar Foto Syur Novi

Novi Amilia
JAKARTA - Selama Novi Amilia (25) berada dalam pengawasan kepolisian beberapa hari ini setelah menabrak tujuh orang di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat, foto-foto syur yang menampilkan kemolekan tubuhnya tersebar melalui dunia maya atau Black Berry Messengger (BBM).

Entah siapa yang menyebarkan gambar-gambar seksi Novi yang seakan-akan sengaja disebar begitu saja. Tentu saja hal tersebut
menciptakan keresahan tersendiri di masyarakat.

"Kita juga sudah lihat foto yang ada di jejaring sosial yang ada. Mohon disikapi dengan pikiran cermat. Tidak ada niat sedikit pun bagi kami Polri berbuat melakukan hal-hal melanggar etika di lingkungan kita, terutama etika kesopanan dan kesusilaan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2012).

Terang Agus, ada peraturan Kapolri yang mengatur tentang etikayang harus dipatuhi dan dilaksanakan seorang anggota Polri. Sehingga menurutnya, sangat tidak mungkin kepolisian menyebarkan informasi melalui foto-foto yang ada.

Jelas perwira menengah kepolisian ini, pakaian yang digunakan Novi dalam foto yang tersebar adalah pakaian yang dikenakannya pada saat kejadian. "Jadi kalau sekarang muncul ramai, mungkin ada pihak lain menyebarkannya, sengaja dibuat, disebarkan saat-saat terakhir ini," ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, saat ini dalam diri Novi sudah tidak lagi ditemukan efek-efek dari narkoba yang dikonsumsinya. Terang Agus, Novi saat ini sudah mulai mendekati situasi normal seperti sediakala.

"Rencananya hari ini, Kalau tidak ada perubahan, pihak rumah sakit akan mengembalikan ke penyidik untuk proses lebih lanjut," ucapnya.

Meskipun demikian, pihak kepolisian akan menelusuri siapa orang yang menebar foto-foto syur Novi, termasuk bila ada anggota polisi yang ikut menyebarkan foto-foto seksi Novi.

"(Kalau ada anggota Polri) Pasti akan kita lakukan tindakan sesuai ketentuan berlaku, karena sudah melanggar etika," ucap Agus.

Foto Bugil Novi Beredar, Pengacara Lapor Komnas HAM

JAKARTA - Pengacara Novi Amalia (25), pengendara yang menabrak tujuh pengguna jalan di Jakarta Barat, Kamis (11/10/2012) lalu, Cris Sam Sewu menyesalkan beredarnya foto-foto bugil kliennya yang diambil selama berada dalam pengawasan kepolisian.

Rencananya, Chris akan mencari bukti-bukti yang sesuai dengan fakta jika memang perbuatan itu dilakukan oleh oknum polisi.

"'Pemilik rumah' (Polsek Taman Sari) harus bertanggung jawab. Kalau memang itu polisi akan kita laporkan ke Provost. Bayangkan perlakuan orang yang harusnya mengamankan terhadap korban malah dibeginikan," ujar Chris kepada wartawan usai menjenguk Novi di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (16/7/2012).

Lebih lanjut Cris menuturkan, langkah yang akan dilakukannya ialah melaporkan masalah penyebaran foto tersebut ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

"Kami akan bawa ke Komnas HAM. Pidananya sudah jelas tentang kemanusiaan," lanjutnya.

Chris mengungkapkan, foto-foto tersebut memang sudah diperlihatkan kepada kliennya, namun Novi mengaku tidak mengetahui dengan adanya foto itu.

Menurut Chris, benar atau tidaknya foto tersebut, penyebar sudah dapat dijerat pidana. Jika foto tersebut terbukti tidak asli, dapat dikategorikan sebagai tindak pidana pemalsuan.

Sedangkan jika terbukti foto itu benar, penyebar dapat dijerat dengan Undang-undang Pornografi.

sumber : tribun
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka