Mohamed Morsi, Presiden Baru Mesir dari Ikhwanul Muslimin - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Mohamed Morsi, Presiden Baru Mesir dari Ikhwanul Muslimin

Mohamed Morsi, Presiden Baru Mesir dari Ikhwanul Muslimin

Written By Dre@ming Post on Senin, 25 Juni 2012 | 6/25/2012 02:12:00 AM

Senin, 25/06/2012 02:09

Pemimpin Ikhawanul Muslimin Mohamed Morsi
Kairo - Setelah melalui proses pemilihan panjang, Mesir akhirnya memiliki presiden baru. Pemimpin Ikhawanul Muslimin Mohamed Morsi terpilih jadi pemimpin negeri piramida tersebut.

Diberitakan AFP, Minggu (24/6/2012), Morsi berhasil mengalahkan kompetitornya Ahmed Shafiq, yang sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri. Keduanya
sepakat untuk bersatu.

Morsi, salah satu pemimpin kuat dari Ikhwanul Muslimin. Dia berjanji, di bawah kepemimpinannya, Mesir akan merangkul semua pihak, termasuk para pemilih sekular dan kristen.

Morsi jadi kandidat satu-satunya dari Ikhawanul Muslimin setelah pesaingnya Khairat El-Shater didiskualifikasi.

Seperti apa sosok Morsi? Banyak pihak menilainya sebagai karakter yang kurang berkharisma. Namun janjinya untuk mengakhiri diskriminasi di Mesir berdasarkan agama, etnis, dan gender telah membuat banyak pihak simpati.

"Para warga Mesir tidak akan pernah memulangkan kembali Mubarak lewat jendela setelah mereka menendangnya lewat pintu," ucapnya pada wartawan.

Selama masa kampanye, Morsi juga sempat melontarkan janji akan memimpin pemerintahan berdasarkan asas Islam, namun tidak bersifat teokrasi.

Morsi lahir di provinsi Sharqiya, dekat delta sungai Nil. Dia lulus dengan gelar sarjana teknik dari Universitas Kairo pada tahun 1975. Lalu dia mendapat gelar PhD dari University of Southern California pada tahun 1982.

Dia adalah anggota kelompok anti-Israel dan menjabat sebagai anggota parlemen sejak tahun 2000. Di tahun 2005, Morsi pernah dipenjara selama 7 bulan karena ikut dalam aksi protes bersama kelompok reformis.

Pada tahun 2010, Morsi jadi juru bicara Ikhwanul Muslimin. Namun pada tahun 2011, tepatnya tanggal 28 Januari, dia kembali dipenjara oleh pemerintahan Husni Mubarak karena ikut aksi protes menentang pemerintah.

Saat ini, Morsi sudah menikah dan memiliki lima orang anak.

sumber : detik
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka