Diungkap Kesiapan Militer AS terhadap Iran - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Diungkap Kesiapan Militer AS terhadap Iran

Diungkap Kesiapan Militer AS terhadap Iran

Written By Dre@ming Post on Jumat, 18 Mei 2012 | 5/18/2012 07:59:00 AM

Jumat, 18 Mei 2012 08:09

JERUSALEM - Amerika Serikat (AS) telah menyiapkan pilihan militer jika diplomasi gagal guna menghentikan program nuklir kontroversial Iran, kata utusan AS untuk Israel.

Satu harian nasionalis sayap-kanan Israel, Makor Rishon, Kamis (17/5), dengan mengutip Daniel Shapiro--yang
mengatakan dalam pertemuan pekan ini--melaporkan utusan itu, "Lebih disukai ini diselesaikan secara diplomatik melalui tekanan dan bukan penggunaan kekuatan militer. Namun itu tak berarti pilihan itu tak sepenuhnya tersedia," kata Shapiro.

"Itu bukan hanya tersedia, tapi sudah siap, perencanaan yang diperlukan telah dilakukan guna memastikan itu siap." Amerika Serikat, Israel dan banyak "masyarakat internasional" percaya program nuklir Iran adalah kedok bagi upaya pembuatan senjata, tuduhan yang telah berulangkali dibantah oleh Teheran. Iran telah menyatakan program tersebut sepenuhnya bertujuan menghasilkan energi sipil dan medis.

Washington telah memburu kebijakan untuk mendorong sanksi keras terhadap Iran, sementara membuk pintu bagi penyelesaian diplomatik.

Setelah jeda 15-bulan, Iran dan negara P5+1 --Amerika Serikat, Inggris, China, Prancis, Rusia ditambah Jerman-- mengadakan pembicaraan pertama mereka di Istanbul, Turki, pada pertengahan April, yang digambarkan sebagai "positif". Semua pihak sepakat untuk melakukan pembahasan lain yang mendalam di Baghdad, Irak, pada 23 Mei.

Namun Israel telah menyampaikan keraguan mengenai pembicaraan tersebut, dan memperingatkan semua itu hanya akan memberi Iran lebih banyak waktu untuk membuat senjata.

Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak pada Senin (14/5) pun mengatakan tuntutan yang diajukan mengenai Iran "sangat sedikit bahkan sekalipun Iran menerima semuanya, (negara) itu masih tetap bisa melanjutkan dan mengembangkan program nuklirnya".

Israel secara terbuka telah memperingatkan negara tersebut tetap membuka semua pilihan, termasuk serangan militer, ketika sampai pada penanganan program nuklir Iran, demikian laporan AFP --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis malam.

Pendiriannya mengenai masalah itu telah menyebar spekulasi bahwa Israel dapat melancarkan serangan militer secara sepihak, kendati ada peringatan dari para pejabat AS, yang telah berulangkali menekankan sanksi harus diberi kesempatan untuk berhasil.


sumber : MICOM
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka