PKK: Jet Tempur Turki Serang Irak Utara - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » PKK: Jet Tempur Turki Serang Irak Utara

PKK: Jet Tempur Turki Serang Irak Utara

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 10 Maret 2012 | 3/10/2012 08:01:00 AM

Sabtu, 10 Maret 2012 | 07:59

ARBIL - Sejumlah jet tempur Turki menyerang daerah perbatasan di Irak utara, kata kelompok gerilyawan Kurdi PKK, Jumat (9/3/2012), namun tidak ada keterangan mengenai korban atau kerusakan.

"Pada 8 Maret, antara pukul 18.00 (pukul 22.00 WIB) dan pukul 20.00 (pukul 24.00 WIB), jet-jet tempur F-16 Turki melancarkan serangan udara ke daerah Jabal Mattine," kata Partai Buruh Kurdistan (PKK) dalam sebuah pernyataan. PKK tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai serangan itu.

Serangan udara tersebut merupakan gempuran pertama yang dilaporkan dalam waktu sekitar sebulan di daerah otonomi Kurdi di Irak utara, dimana PKK memiliki pangkalan. Pada 11 Februari pesawat-pesawat
tempur Turki juga melancarkan serangan ke daerah perbatasan itu.

Menurut PKK, serangan udara itu menimbulkan kerusakan pada "pertanian dan sejumlah desa", namun tidak ada korban di pihak PKK. Juga tidak disebutkan apakah ada korban di kalangan sipil.

Militer Turki menyatakan, pesawat-pesawatnya melancarkan serangan ke posisi yang dicurigai sebagai tempat persembunyian gerilyawan Kurdi di Irak utara.

Pasukan Turki menggencarkan operasi terhadap gerilyawan PKK pada tahun lalu setelah serangan gerilya kelompok itu meningkat.

Pada Desember, sekitar 3.000 prajurit yang didukung oleh pesawat dan helikopter serang melancarkan operasi setelah mengidentifikasi kelompok sekitar 30 gerilyawan PKK di Gunung Goresi di perbatasan provinsi-provinsi Elazig dan Diyarbakir di Turki tenggara. Belasan militan tewas dalam bentrokan-bentrokan yang terjadi, kata sejumlah pejabat Turki.

Selama November, pasukan Turki juga melancarkan sejumlah serangan udara terhadap sasaran Kurdi di Irak utara, sebagai bagian dari operasi yang terus dilakukan terhadap kelompok gerilya PKK yang berpangkalan di kawasan terpencil itu. Turki, Uni Eropa dan AS menganggap Partai Buruh Kurdistan (PKK) sebagai sebuah organisasi teroris.

Militer Turki melancarkan serangan-serangan udara dan operasi darat terbatas ke Irak utara sejak Agustus 2011 menyusul gelombang serangan gerilyawan PKK, setelah macetnya gencatan senjata sebelumnya.

PKK melancarkan serangan-serangan dari tempat persembunyian mereka di kawasan pegunungan terpencil Irak sebagai bagian dari perang mereka untuk memperoleh hak dan otonomi lebih besar bagi penduduk Kurdi. Lebih dari 40.000 orang tewas sejak PKK mengangkat senjata pada 1984.

Para pemimpin Turki bulan Oktober berjanji membalas dengan serangan-serangan udara dan darat setelah PKK melancarkan salah satu serangan paling mematikan dalam konflik itu, yang menewaskan 24 prajurit Turki. Serangan tersebut dilakukan di pos militer di wilayah selatan Turki.

sumber : kompas
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka