Lagi karya Leonardo da Vinci diketemukan - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Lagi karya Leonardo da Vinci diketemukan

Lagi karya Leonardo da Vinci diketemukan

Written By Dre@ming Post on Selasa, 13 Maret 2012 | 3/13/2012 03:30:00 AM

Selasa, 13/03/2012 03:09

Dibalik lukisan hebat karya Vasari ini diyakini ada lukisan yang lebih hebat lagi Peneliti di Italia mengatakan mereka mungkin menemukan jejak-jejak karya Leonardo da Vinci di balik sebuah lukisan dinding di Florensia.

Lukisan dinding The Battle of Marciano karya Giorgio Vasari itu dibor dan di baliknya diketahui ada bahan cat hitam yang persis sama dengan yang digunakan Leonardo da Vinci untuk menggambar Monalisa.

Data ini sangat menggembirakan, kata pemimpin penelitian, Maurizio Seracini.

Tetapi dalam konferensi pers yang digelar di Florensia, para sejarawan menekankan bahwa penelitian itu tidak memberikan suatu kepastian karena masih memerlukan analisa kimia lebih lanjut.

Memang masih tahap awal dan masih banyak kerjaan harus dilakukan untuk membongkar misteri ini. Bukti
yang ada menunjukkan kita sudah mengarah ke tempat yang benar, tambahnya lagi.

Alat yang digunakan untuk mengambil contoh bahan di belakang dinding itu juga menunjukkan adanya pigmen berwarna merah pernis dan coklat.

Ditentang banyak pihak

Penelitian ini kontroversial dengan banyak pakar seni menandatangani petisi untuk menghentikan penyelidikan karena pemboran itu merusak karya Vasari.

Seorang sejarawan seni, Tomaso Montanari, yang menentang penelitian itu mengatakan bahwa ia tidak menganggap sumber penemuan itu bisa dipercaya.

Apa yang dimaksud dengan penemuan mereka sesuai dengan Leonardo? Semua lukisan dari jaman Renaissance akan menggunakan bahan yang sama. Gambar manapun dari jaman itu bisa saja ada di tembok, tegasnya.

Yang kurang dari penelitian ini adalah pihak netral yang mempunyai kapasitas ilmiah untuk mengevaluasinya. Ini sangat rumit.

Banyak yang percaya Da Vinci memulai lukisan dinding yang dianggap orang saat itu sebagai karya terbaiknya di tahun 1504 tetapi kemudian ditinggalkannya karena ada persoalan tekhnis dalam pengerjaannya.

Kamar itu kemudian direnovasi dan Vasari melukis dindingnya tahun 1563.

Seracini yakin Vasari tidak ingin menghancurkan kerja Da Vinci dan kemudian membuat tembok baru untuk menutupi lukisan yang ada. Di atas dinding yang baru inilah Vasari melukis.

Teori Seracini dipicu setelah menemukan di karya itu ditemukan seorang tentara yang memegang bendera kecil dengan tulisan: Siapa mencari akan bertemu.

sumber : detik
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka