Kelompok Radikal Perancis di Balik Ledakan Bom di Paris - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Kelompok Radikal Perancis di Balik Ledakan Bom di Paris

Kelompok Radikal Perancis di Balik Ledakan Bom di Paris

Written By Dre@ming Post on Jumat, 30 Maret 2012 | 3/30/2012 05:24:00 AM

Jumat, 30 Maret 2012 | 05:29

Sebuah mobil pemadam kebakaran disiagakan di depan Kedutaan Besar Indonesia di Paris, Perancis, Rabu (21/3/2012). Sebuah bom meledak di depan gedung KBRI dan merusak sejumlah bangunan di sekitar lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan itu.
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) hari Kamis (29/3/2012) mengungkapkan, sebuah kelompok radikal di Perancis, yang memiliki link dengan Indonesia, berada di balik ledakan bom di luar kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris, pekan lalu.

Informasi ini diperoleh dari Kepolisian Indonesia, yang menugaskan anggotanya berangkat ke Perancis untuk memburu seorang lelaki yang dicari sejak dua tahun lalu. Namun, belum jelas apakah ada hubungan antara  ledakan bom Paris dan tersangka yang diburu.

"Ada indikasi sangat kuat yang menyebabkan Kepolisian Indonesia mengambil kesimpulan soal kelompok teroris yang bermarkas di Perancis," kata Ansyaad Mbai, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), kepada kantor berita Perancis AFP. Mbai tidak menyebutkan nama kelompok itu, tetapi memberi gambaran bahwa itu organisasi Islam.

"Kita tahu bahwa beberapa orang, termasuk kelompok radikal di Perancis, memiliki kontak dengan
kelompok-kelompok radikal di Indonesia," katanya.

Pemerintah Indonesia sebelumnya menolak menyatakan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris menjadi target khusus dalam ledakan 21 Maret lalu, yang menyebabkan kerusakan serius di sekitar gedung kedutaan, tetapi tak ada yang terluka.

"Kelompok radikal berkomunikasi dengan mitranya di Indonesia melalui website grup milik orang Indonesia," ungkap Mbai.

"Petugas Kepolisian Indonesia berangkat ke Paris hari Kamis malam untuk berkoordinasi dengan otoritas Perancis, dalam kaitan mencari seorang warga negara Perancis bernama Frederic Jean Salvi," kata Mbai.

Kepolisian Indonesia telah memburu Salvi sejak tahun 2010 lalu ketika mereka menemukan sebuah mobil miliknya dalam penggerebekan antiterorisme di Jawa Barat. Kepolisian Indonesia menangkap lima orang dan menyita bahan peledak di bengkel pembuatan bom ilegal.

Mbai belum dapat memberi konfirmasi apakah jaringan Salvi berada di balik ledakan di Paris.

"Ini jenis yang sama dengan kelompok Salvi, tapi apakah ledakan di Paris dilakukan kelompok Salvi? Itu bukan hal yang mustahil," katanya.

Mbai mengatakan kepada AFP pada tahun 2010 bahwa Salvi memiliki sejarah ekstremis militan di Perancis dan dilaporkan bekerja dengan militan Al Qaeda untuk mempersiapkan serangan bom di Jakarta, mirip yang dilakukan pada tahun 2008 di Mumbai, India.

Bom meledak pada 21 Maret 2012 sekitar pukul 05.00 ketika jalan di kawasan Paris barat relatif sepi. Ledakan itu memecahkan kaca gedung dalam radius 50 meter dan menyebabkan dua mobil terbakar.

Pada tahun 2004, sebuah bom meledak di daerah yang sama pada tanggal yang sama.

sumber : kompas
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka