Angie Tersangka, Waspadai Skenario Missing Link Anas - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Angie Tersangka, Waspadai Skenario Missing Link Anas

Angie Tersangka, Waspadai Skenario Missing Link Anas

Written By Dre@ming Post on Minggu, 05 Februari 2012 | 2/05/2012 08:01:00 AM

Minggu, 5 Februari 2012 07:59

Anas Urbaningrum
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diyakini dapat mengungkap adanya aliran duit suap perkara Wisma Atlet SEA Games yang diduga diterima Anas Urbaningrum. KPK dapat memanfaatkan keterangan Angelina Sondakh yang kini berstatus tersangka.

"Angelina akan menjadi pintu masuk bagi penelusuran kasus ini hingga ke Anas. Jadi, dengan Angie menjadi tersangka kemungkinan besar akan menjadi 'link' untuk mengungkap keterlibatan Anas," kata pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Gun Gun Heryanto kepada okezone, Sabtu (4/2/2012) malam.

Namun, Gun Gun menduga kubu Anas akan mencoba "mengamankan" Angie agar keterangannya tidak membidik pengurus partai yang lain. Skenario ini kata dia akan memutus mata rantai keterlibatan (missing link) kasus suap dengan elite Partai Demokrat.

"Bisa jadi Anas akan menempuh mekanisme pertahanan diri dengan 'memproteksi' Angie untuk tidak menyeret Anas ke dalam pusaran masalah. Kemungkinannya, proteksi itu dengan membuat konsensus agar Angie terselamatkan atau jika pun terhukum hanya akan menanggung resiko terendah, atau menghilangkan
segala kemungkinan penanda keterhubungan Angie dengan Anas," jelas dia.

Karena itu, Gun-Gun berharap Angie memberikan keterangan dengan benar agar dapat membongkar kasus suap yang menyeret sejumlah pengurus Partai Demokrat.

"Justru Angie harus menjadi pintu masuk membongkar praktik korupsi politik yang sudah pasti tidak mungkin dilakukan satu aktor tunggal. Tapi bagi kepentingan Anas, tentu Angie harus 'diproteksi' karena tidak hanya mengancam posisi Anas sebagai Ketum PD, tetapi juga masa depan Anas," imbuhnya.

Gun Gun menambahkan, kasus suap Wisma Atlet akan menjadi pertaruhan bagi Anas. Anas menurutnya harus membuktikan ketidakterlibatannya dalam perkara suap ini. "Kita akan lihat seberapa meyakinkan langkh hukumnya ke depan terkait dengan kasus-kasus dinyanyikan Nazar. Dia harus menunjukan fakta hukum, bukan lagi membentuk opini di media," pungkasnya.

Anas sendiri telah membantah berulang kali soal tudingan adanya aliran duit yang diterima. Di sela kunjungan ke Desa Lamaran Tarung Kecamatan Cantigi, Indramayu, Jawa Barat, Anas mengaku tidak tahu menahu soal aliran duit seperti kesaksian Yulianis, bawahan Nazaruddin di Grup Permai.

"Apa itu? Daun pisang kali ya. Saya kira tidak ada itu. Tidak benar," tegas Anas kepada wartawan, Kamis, 26 Januari 2012. Anas malah menyebut akan ada skenario yang ingin menjatuhkan dirinya dalam kasus ini.

“Barangkali ada skenario seperti itu (Anas jadi tersangka). Kalau penegak hukum transparan dan tanpa tekanan, saya sepenuhnya yakin bahwa saya tak terkait dengan kasus Wisma Atlet dan Hambalang. Silakan diproses seobjektif mungkin,” ujarnya seperti dikutip dari wawancara RCTI.

sumber : okezone
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka