Teknisi Iran Membongkar Rahasia Sistem Pesawat Mata-mata, Iran: Tak Minta Maaf, AS Kok Minta Dikembalikan - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Teknisi Iran Membongkar Rahasia Sistem Pesawat Mata-mata, Iran: Tak Minta Maaf, AS Kok Minta Dikembalikan

Teknisi Iran Membongkar Rahasia Sistem Pesawat Mata-mata, Iran: Tak Minta Maaf, AS Kok Minta Dikembalikan

Written By Dre@ming Post on Kamis, 15 Desember 2011 | 12/15/2011 01:25:00 AM

Kamis, 15 Desember 2011 01:09

Ahmadinejad: Kami Dapat Kendalikan Pesawat AS

Ahmadinejad
TEHERAN - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, negaranya dapat mengendalikan pesawat mata-mata milik
Amerika Serikat (AS) yang jatuh di Iran pada awal Desember ini.

"Ada banyak orang di sini yang dapat mengendalikan pesawat mata-mata ini, mereka yang dapat mengendalikan tentunya akan menganalisa sistem pesawat tersebut," ujar Ahmadinejad, seperti dikutip CNN, Rabu (14/12/2011).

"Amerika memutuskan untuk memberi kita pesawat mata-mata kepada kita. Sebuah pesawat tak berawak dengan teknologi canggih," tambahnya.

Ahmadinejad tidak menyebutkan secara spesifik siapakah pihak-pihak yang dinyatakan sanggup mengendalikan pesawat mata-mata milik AS.

Para teknisi Iran sebelumnya dikabarkan sudah membongkar rahasia dari sistem pesawat mata-mata tersebut.
Iran juga mengklaim, saat ini sudah mencapai tahap akhir dari penyelidikan teknologi pesawat itu.

AS juga sempat meminta agar pesawat mata-mata miliknya dikembalikan, namun Iran menolak untuk mengembalikan pesawat yang mereka tangkap pada 4 Desember lalu. Namun, Iran tidak bersedia untuk mengembalikannya.

Menteri Pertahanan Iran Jendral Ahmad Vahidi bahkan mengatakan, pesawat ini sudah bukan lagi menjadi milik AS. Pesawat itu sudah menjadi aset bagi Republik Islam Iran.

Pesawat RQ-170 Sentinel merupakan pesawat mata-mata yang digunakan di Afghanistan oleh AS. Setelah pesawat itu jatuh, Iran langsung menunjukkan pesawat itu ke publik lewat stasiun televisi lokalnya.

Iran mengklaim, pasukannya menembak jatuh pesawat mata-mata itu, namun AS menegaskan, pesawat itu jatuh karena adanya kesalahan teknis, bukan karena ditembak oleh Iran.

Iran: Tak Minta Maaf, AS Kok Minta Kembali Pesawat Mata-mata

TEHERAN - Pemerintah Iran menolak permintaan Presiden Amerika Serikat, Barac Obama, untuk mengembalikan pesawat mata-mata milik militer AS yang di tahan oleh militer Iran.

"Beberapa pemberitaan media mengatakan bahwa Obama meminta dikembalikannya pesawat mata-mata, tampaknya ia telah lupa bahwa mereka telah melanggar wilayah udara Iran, dan melakukan operasi mata-mata, dan hukum internasional dilanggar," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast, kepada wartawan seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (14/12/2011).

Sejurus ia mengkritik Pemerintah Amerika Serikat, yang tanpa dosa membuat pernyataan tersebut. "Bukannya mereka keluarkan sebuah permintaan maaf resmi dan mengakui kejahatan mereka," serunya.

Menurutnya, kegiatan mata-mata yang dilakukan oleh Pemerintah AS terhadap negaranya dapat mengancam perdamaian dan keamanan internasional. Ia menambahkan bahwa Pemerintah AS harus siap menghadapi konsekuensi atas perbuatan yang mereka lakukan.

Ketika ditanya apakah sudah ada negara lain yang meminta kerjasama dengan Pemerintah Iran dalam hal penggunaan pesawat mata-mata tersebut, Ramin mengatakan: "Iran tidak menerima permintaan dari negara manapun untuk penggunaan pesawat mata-mata," ucapnya.

Sebelumnya Otoritas Iran, menahan sebuah pesawat siluman Amerika Serikat, RQ-170 Sentinel. Iran menyatakan pihaknya telah membajak secara elektronik dan menyetir pesawat tersebut untuk mendarat, ketika melintas di wilayah udara Iran, di sekitar perbatasan dengan Afghanistan.

Namun, menurut Pemerintah AS, Iran tidak menembak jatuh pesawat tersebut maupun, membajak secara elektronik pesawat tersebut dan memaksanya untuk mendarat, pesawat tersebut menurut Washington jatuh karena kesalahan teknis.

sumber : okezone, tribun
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka