Pemerintah Perancis Tarik Sebagian Staf Diplomatiknya dari Teheran - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Pemerintah Perancis Tarik Sebagian Staf Diplomatiknya dari Teheran

Pemerintah Perancis Tarik Sebagian Staf Diplomatiknya dari Teheran

Written By Dre@ming Post on Minggu, 04 Desember 2011 | 12/04/2011 06:53:00 AM

Minggu, 04/12/2011 06:49

Para demonstran menyerbu Kedubes Inggris di Teheran, Iran, SElasa (29/11/2011)
Jakarta - Pemerintah Perancis memutuskan untuk 'merampingkan' jumlah  staf diplomatiknya di kantor Kedutaan Besar-nya di Teheran, Iran. Langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan menyusul konflik yang timbul dengan adanya penyerbuan Kedubes Inggris di Teheran.

Demikian disampaikan oleh salah seorang diplomat Perancis kepada AFP, Sabtu (3/12/2011).

Namun tidak disebutkan berapa jumlah staf yang ditarik dari Kedubes Perancis di Teheran. Kedubes Perancis sendiri memiliki sekitar 30 staf diplomatik yang bertugas di berbagai bidang, seperti urusan konsulat,
urusan ekonomi, urusan budaya dan layanan paspor.

Pengurangan jumlah staf ini dinilai akan mempengaruhi staf diplomatik lainnya yang masih bertahan di Teheran dan keluarganya. Namun, tidak akan mempengaruhi warga Perancis yang tinggal di Teheran. Sebab, belum ada instruksi khusus dari Pemerintah Perancis yang memerintahkan warganya yang berjumlah 800 orang untuk meninggalkan Iran.

Keputusan ini dilakukan Perancis setelah melakukan pembicaraan dengan Jerman, Belanda dan Italia terkait penyerbuan kantor Kedubes Inggris di Teheran oleh sejumlah pendemo pada 29 November lalu. Penyerbuan dilakukan sebagai protes atas sanksi-sanksi baru yang dijatuhkan Inggris terhadap Iran terkait program nuklirnya.

Pemerintah Iran sendiri sebenarnya telah mengingatkan kepada negara-negara kawasan Uni Eropa agar tidak mengikuti langkah Inggris. "Sekarang pemerintah Inggris sedang mencoba untuk melibatkan negara-negara Eropa lainnya dalam masalah bilateral kita. Tapi kita harus mengatakan kepada negara-negara Eropa lain agar tidak memperburuk hubungan dengan Iran hany karena Inggris," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehmanparast.

Sementara, Inggris telah menutup kantor Kedubes-nya di Teheran dan menarik semua diplomat maupun stafnya kembali ke London pada 30 November lalu. Sedangkan Iran juga melakukan hal serupa, semua staf diplomatik Iran telah meninggalkan London sejak Jumat (2/12).

Kejadian ini adalah krisis terburuk antara Inggris dan Iran sejak hubungan diplomatik kedua negara pulih pada tahun 1999.

sumber : detik
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka