India Tangkap Militan, Termasuk Warga Pakistan - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » India Tangkap Militan, Termasuk Warga Pakistan

India Tangkap Militan, Termasuk Warga Pakistan

Written By Dre@ming Post on Kamis, 01 Desember 2011 | 12/01/2011 08:12:00 AM

Kamis, 1 Desember 2011 | 08:09

Sejumlah petugas keamanan India berdiri di dekat seorang lelaki yang cedera parah, hanya beberapa saat setelah sebuah ledakan terjadi di Imphal, negara bagian timur laut India, Manipur, Rabu (30/11). Menurut seorang polisi, ledakan terjadi di dekat balai sidang, tempat yang rencananya dikunjungi Perdana Menteri India Manmohan Singh, Sabtu ini.
NEW DELHI - Polisi India, Rabu (30/11/2011), menangkap enam orang yang dicurigai sebagai anggota sebuah kelompok militan terlarang, termasuk seorang warga Pakistan, dalam kaitan dengan tiga ledakan bom dan penembakan tahun lalu.

Para tersangka yang ditangkap itu anggota kelompok militan Mujahidin India dan terlibat dalam serangkaian ledakan bom dan penembakan di dekat masjid terbesar New Delhi tahun lalu, kata polisi dalam sebuah
pernyataan."Seluruh anggota sel teroris Mujahidin India itu diinterogasi secara cermat," kata pernyataan itu.

Menurut polisi dalam pernyataan tersebut, para tersangka telah mengakui keterlibatan mereka dalam ledakan di sebuah toko roti di kota Pune tahun lalu, yang menewaskan delapan orang dan ledakan lain di sebuah stadion di Bangalore. Selain menangkap tersangka-tersangka itu, polisi juga menyita beberapa senjata otomatis, pistol, dan bahan peledak.

Penangkapan para tersangka itu dilakukan ketika India dan Pakistan berusaha keras memperbaiki hubungan setelah serangan-serangan di Mumbai pada 2008 memperburuk hubungan antara kedua negara tersebut. New Delhi menghentikan dialog dengan Islamabad yang dimulai pada 2004 setelah serangan-serangan Mumbai pada November 2008 yang menewaskan 166 orang.

India menyatakan memiliki bukti bahwa "badan-badan resmi" di Pakistan terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan serangan-serangan itu, tampaknya menunjuk pada badan intelijen dan militer Pakistan. Islamabad membantah tuduhan tersebut. Sejumlah pejabat India menuduh serangan itu dilakukan oleh kelompok dukungan Pakistan, Lashkar-e-Taiba, yang memerangi kekuasaan India di Kashmir dan terkenal karena serangan terhadap parlemen India pada 2001. Namun, juru bicara Lashkar membantah terlibat dalam serangan tersebut.

India mengatakan bahwa seluruh 10 orang bersenjata yang melakukan serangan itu datang dari Pakistan. New Delhi telah memberi Islamabad daftar 20 tersangka teroris dan menuntut penangkapan serta ekstradisi mereka.

sumber : kompas
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka