Putra Khadafi akan Menyerahkan Diri ke Mahkamah Internasional - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Putra Khadafi akan Menyerahkan Diri ke Mahkamah Internasional

Putra Khadafi akan Menyerahkan Diri ke Mahkamah Internasional

Written By Dre@ming Post on Kamis, 27 Oktober 2011 | 10/27/2011 03:26:00 AM

Kamis, 27/10/2011 03:29

Abu Dhabi - Saif al-Islam, putra tertua mantan penguasa Libya Muammar Khadafi dikabarkan akan menyerahkan diri ke Mahkamah Internasional, Den Haag. Saif merasa sudah tidak ada tempat aman lagi baginya untuk berlindung.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (26/10/2011), seorang pejabat senior Dewan Nasional Transisi Libya (NTC) mengatakan, selain Saif, mantan kepala intelijen Abdullah al-Sanusi juga akan menyerahkan diri ke Mahkamah
Kejahatan Internasional di Den Haag.

"Mereka yang mengusulkan untuk menyerahkan diri ke Den Haag," kata Abdel Majid Mlegta.

Mlegta mengatakan, informasi mengenai rencana penyerahan diri Saif itu berasal dari sumber-sumber intelijen. Sumber intelijen mengatakan kepada Mlegta bahwa Saif dan Sanusi berusaha untuk mencapai kesepakatan agar bisa menyerahkan diri ke pengadilan melalui negara tetangga, yang tidak ia sebutkan.

Mereka menyimpulkan bahwa mereka sudah tidak aman lagi untuk tetap di Libya, Aljazair atau Niger.

"Mereka merasa bahwa itu tidak aman bagi mereka untuk tinggal di mana mereka berada atau pergi ke mana pun," kata Mlegta.

Sementara itu, juru bicara pengadilan Den Haag Fadi El Abdallah mengaku belum mendapat konfirmasi dari NTC terkait hal itu.

"Kami tidak ada konfirmasi tentang ini sekarang Kami mencoba untuk menghubungi NTC untuk informasi lebih lanjut," ujar Abdallah.

Saif al-Islam merupakan putra mahkota Khadafi yang paling dicari oleh pengadilan kejahatan perang, seperti almarhum ayahnya. Saif al-Islam dikabarkan telah melarikan diri ke perbatasan selatan Libya dan Niger, saat pasukan Libya menyerbu kediaman ayahnya di Kota Sirte.

Pada Juni 2011 lalu, ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Khadafi, Saif al-Islam dan Sanusi atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan setelah Dewan Keamanan PBB. Ketiganya didakwa dengan kejahatan terhadap kemanusiaan atas penumpasan kekerasan rezim Libya pada pengunjuk rasa.

sumber : detik
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka