PBB Minta Investigasi, Pemakaman Khadafi Ditunda - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » PBB Minta Investigasi, Pemakaman Khadafi Ditunda

PBB Minta Investigasi, Pemakaman Khadafi Ditunda

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 22 Oktober 2011 | 10/22/2011 05:35:00 AM

Sabtu, 22 Oktober 2011 | 05:19

Tripoli - Dewan Transisi Nasional Libya memutuskan untuk menunda pemakaman Muammar Khadafi. Penundaan dilakukan menyusul permintaan investigasi atas kematian pemimpin diktator Libya selama 4 dekade ini.

Demikian disampaikan otoritas setempat dan dilansir Al Jazeera, Jumat (21/10/2011). Penundaan ini juga dilakukan demi mencari lokasi pemakaman rahasia
bagi jasad Khadafi.

Jumat ini muncul video yang menunjukkan bahwa Khadafi sebenarnya berhasil ditangkap dalam keadaan hidup oleh pasukan pemberontak. Terhadap hal ini, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pun meminta dilakukan investigasi untuk menyelidiki penyebab kematian Khadafi.

"Secara keseluruhan, sangat mengganggu," ujar juru bicara kantor Komisaris Tinggi PBB urusan Hak Asasi Manusia, Rupert Colville mengomentari gambar dan rekaman video jasad Khadafi.

Kini, jasad Khadafi disimpan di dalam lemari pendingin di Misrata. Dan gambar tersebut diambil setelah pasukan pemberontak berhasil menangkap dan membunuh Khadafi di Sirte, Kamis (20/10). Tampak lubang
bekas peluru di kepala Khadafi.

Anggota senior Dewan Transisi Nasional Libya, Mohamed Sayeh menuturkan, jasad Khadafi akan dimakamkan sesuai prinsip-prinsip Islam dan secara privat demi menghormatinya.

Selain itu, dikabarkan bahwa pejabat-pejabat Dewan Transisi Nasional Libya tengah mendiskusikan prosesi dan juga lokasi pemakaman Khadafi, serta siapa saja yang akan mewakili pihak keluarga Khadafi dan juga sukunya.

Para pejabat tersebut berusaha menyimpan rapat-rapat lokasi peristirahatan terakhir Khadafi dari media.

Sebelumnya, para pejabat Dewan Transisi Nasional Libya berjanji bahwa Khadafi akan dimakamkan secara Islam hari Jumat waktu setempat. "Dia akan dikuburkan Jumat sesuai tradisi Islam," kata Menteri Informasi Libya Mahmoud Shammam seperti dilansir ABC News, Jumat (21/10).

Menurut seorang anggota Dewan Transisi Nasional (NTC), Mohamed Sayeh, Khadafi akan dimakamkan di sebuah areal pemakaman di Sirte. Sayeh pun membantah rumor bahwa Khadafi akan dikuburkan di pemakaman yang dirahasiakan.

Khadafi tewas ditembak pasukan pemberontak setelah dirinya mencoba bersembunyi di sebuah pipa drainase besar. Saat diseret keluar dari pipa itu, Khadafi sempat memohon agar dirinya tidak ditembak. Namun permohonan itu tidak dihiraukan. Khadafi pun tewas dengan tembakan di kepala dan kedua kakinya.

Khadafi yang berumur 69 tahun itu tewas setelah dua bulan yang lalu terguling dari kekuasaan. Khadafi telah memimpin Libya selama 42 tahun.

sumber : detik
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka