Gempa Turki, Tim SAR & Warga Berjibaku Evakuasi Korban dari Reruntuhan - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Gempa Turki, Tim SAR & Warga Berjibaku Evakuasi Korban dari Reruntuhan

Gempa Turki, Tim SAR & Warga Berjibaku Evakuasi Korban dari Reruntuhan

Written By Dre@ming Post on Senin, 24 Oktober 2011 | 10/24/2011 03:24:00 AM

Senin, 24/10/2011 03:19

Ankara - Puluhan bangunan di Kota Van, timur Turki hancur lebur diguncang gempa berkekuatan 7,2 SR. Sejumlah korban masih terjebak di reruntuhan bagunan. Tim SAR setempat dibantu warga berjibaku untuk menyelamatkan korban.

Hingga malam turun, Minggu (23/10/2011), regu penyelamat terus berjuang menggali puing-puing bangunan untuk menemukan korban. Warga yang beruntung terhindar dari marabahaya pun ikut melakukan pencarian dengan tangan kosong dan
pencahayaan seadanya.

"Kami mendengar tangisan dan rintihan dari bawah puing-puing," kata Halil Celik, salah satu warga Kota Van yang terlibat dalam evakuasi itu seperti dikutip reuters.

Saat gempa terjadi, ujar Halil, bangunan yang berada di depannya roboh. Ada dua orang yang tertimpa puing bangunan. Ia pun segera menyelamatkan keduanya. Kini, korban lainnya masih menjerit meminta pertolongan.

Wakil PM Turki Besir Atalay menyatakan, puluhan bangunan di Van, yang tidak jauh dari perbatasan dengan Iran, hancur. Jumlah lebih banyak lagi ditemukan di distrik Ercis.

Belum ada data pasti mengenai jumlah korban tewas. Sumber di RS di ercis menyatakan, ada lebih dari 50 mayat yang dibawa ke RS tersebut. Selain itu, 45 warga juga dilaporkan luka-luka.

Direktur Pusat Riset Gempa Kandilli, Mustafa Erdik, memperkirakan ribuan bangunan di Van rusak. Gempa juga diperkirakan menimbulkan korban jiwa dari 500 hingga 1.000 orang. Kantor berita China Xinhua menyebut ada 30 orang tewas di Ercis.

Gempa 7,2 SR (versi USGS 7,6 SR) melanda tenggara Turki (sebelumnya disebut timur laut) pada pukul 10.41 waktu setempat. Gempa terjadi pada kedalaman 5 Km. Sebelumnya, terjadi 2 kali gempa di Turki pada 2009 dan menyebabkan puluhan ribu warga Turki tewas.

sumber : detik
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka