NATO Perpanjang 90 Hari Misi di Libya - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » NATO Perpanjang 90 Hari Misi di Libya

NATO Perpanjang 90 Hari Misi di Libya

Written By Dre@ming Post on Kamis, 22 September 2011 | 9/22/2011 07:48:00 AM

Kamis, 22 September 2011 | 07:49

BRUSSEL - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Rabu, setuju memperpanjang selama 90 hari misi serangan udara di Libya karena pasukan yang setia pada pemimpin terguling Moammar Khadafy masih dianggap menimbulkan ancaman bagi warga sipil, kata sejumlah diplomat. "Operasi Pelindung Bersatu baru saja diperpanjang selama 90 hari," kata seorang diplomat yang tidak bersedia disebutkan namanya setelah para duta besar NATO memutuskan perpanjangan
misi enam bulan itu.

Seorang diplomat lain mengatakan, operasi itu bisa dihentikan "sewaktu-waktu" jika panglima-panglima militer menganggap penduduk sipil sudah aman. Mandat kedua selama 90 hari berakhir waktunya pada 27 September, namun para pemimpin Barat menegaskan niat mereka untuk tetap menerbangkan pesawat-pesawat tempur NATO selama pasukan Khadafy masih mencederai warga sipil.

"Kami bertekad melanjutkan misi kami selama yang diperlukan, namun siap mengakhiri operasi itu secepat mungkin," kata Sekretaris Jendral NATO Anders Fogh Rasmussen. Setiap keputusan untuk mengakhiri serangan-serangan udara akan diambil dalam koordinasi dengan PBB dan "sesuai dengan kehendak pihak berwenang Libya", katanya.

Pekan lalu Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat setuju mempertahankan zona larangan terbang yang digunakan sebagai dalih untuk membenarkan serangan udara NATO terhadap loyalis Khadafy. Dewan Transisi Nasional NTC) menguasai Tripoli bulan lalu, namun pasukan Khadafy masih mengendalikan sejumlah kota, dan terjadi perlawanan sengit di kampung halaman Khadafy, Sirte, setelah perang tujuh bulan.

Dewan itu kini sedang dalam proses memindahkan pemerintah mereka ke Tripoli dari markas sebelumnya di Benghazi, setelah mencapai kemenangan-kemenangan atas pasukan Khadafy. NTC, yang mengatur permasalahan kawasan timur yang dikuasai pemberontak, sejauh ini melobi keras untuk mendapat pengakuan diplomatik dan perolehan dana untuk mempertahankan perjuangan berbulan-bulan dengan tujuan mendongkel pemimpin Libya Moammar Khadafy.


sumber : kompas
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka