Empat Tersangka Teroris Ditahan di Swedia - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Empat Tersangka Teroris Ditahan di Swedia

Empat Tersangka Teroris Ditahan di Swedia

Written By Dre@ming Post on Minggu, 11 September 2011 | 9/11/2011 07:37:00 PM

Minggu, 11 September 2011 | 19:09

STOCKHOLM - Dinas Polisi Rahasia Swedia (Sapo) mengevakuasi sebuah pusat kesenian dan menahan empat orang yang diduga sedang menyiapkan serangan teror di Goteborg, kota terbesar kedua di Swedia, Minggu (11/9/2011). Penahanan ini terjadi di
saat AS dan negara-negara lain di dunia bersiap memperingati 10 tahun serangan teror 9/11.

Kepolisian Goteborg mengatakan, mereka telah mengevakuasi sebuah galeri seni di Goteborg, Minggu dini hari, terkait dengan ancaman yang berisiko "membahayakan kehidupan, kesehatan, dan kerusakan serius pada properti". Pihak kepolisian tidak memberikan detail lebih lanjut kecuali hanya mengatakan telah membantu Sapo menahan keempat tersangka.

Juru bicara Sapo Stefan Johansson membenarkan empat tersangka itu telah ditahan di Goteborg, Swedia barat, atas dugaan perencanaan terorisme. Namun, Johansson juga menolak memberikan keterangan lebih detail, termasuk identitas para tersangka.

Kepala galeri seni Roda Sten di Goteborg, Mia Christersdotter Norman, mengatakan, malam itu sekitar 400 orang berkumpul di galerinya untuk menghadiri acara pembukaan pameran bienal internasional seni kontemporer. Saat acara sedang berlangsung, polisi tiba-tiba menelepon dan meminta dia membubarkan acara.

"Sekitar tengah malam saya ditelepon polisi dan mereka bilang ada ancaman terhadap gedung (galeri) dan meminta kami mengakhiri pesta secara tidak mencolok. Kami langsung melakukan itu dan semua orang segera pulang," ujar Christersdotter Norman kepada kantor berita AP.

Polisi kemudian menggeledah gedung tersebut, tetapi tidak menemukan benda berbahaya. Christersdotter Norman mengaku tak tahu apa pun soal penangkapan tersangka teroris, dan tidak mengetahui adanya ancaman terhadap acara bienal tersebut maupun terhadap para pesertanya. Ia menambahkan, galerinya akan dibuka lagi seperti biasa Minggu siang ini.

Beberapa hari lalu, pihak keamanan AS juga menerima informasi adanya ancaman serangan teror bom mobil pada peringatan 10 tahun tragedi 9/11. Belum diketahui apakah penangkapan di Swedia ini berkaitan dengan ancaman terhadap AS itu.

Swedia menaikkan tingkat ancaman terornya dari tingkat rendah ke tinggi pada Oktober 2010. Pada Desember, seorang pengebom bunuh diri bernama Taimour Abdulwahab meledakkan dirinya di tengah kota Stockholm, mengejutkan negara yang selama ini dianggap aman dari ancaman terorisme.


sumber : kompas
Share this article :

Visitors Today

Dr.KidS

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka