Israel Tewaskan 9 Warga Palestina - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Israel Tewaskan 9 Warga Palestina

Israel Tewaskan 9 Warga Palestina

Written By Dre@ming Post on Jumat, 26 Agustus 2011 | 8/26/2011 04:07:00 AM

Jumat, 26 Agustus 2011 | 04:39

GAZA - Serangkaian serangan udara Israel di Jalur Gaza dalam kurun waktu 24 jam menewaskan sembilan warga Palestina dan mencederai 30 orang, kata seorang juru bicara pelayanan darurat di wilayah kantung tersebut kepada AFP, Kamis (25/8/2011).

Menurut Adham Abu Selmiya, sembilan orang tewas dalam serangkaian serangan di Gaza yang berakhir menjelang fajar Kamis. Sedikitnya dua pejuang Jihad Islam termasuk diantara mereka yang tewas dalam serangan-serangan itu.

Serangan pertama Rabu (24/8/2011) menghantam sebuah kendaraan di kota Rafah, Gaza selatan, menewaskan Ismail al-Ismar, pejuang yang berusia 34 tahun. Petugas medis kemudian menemukan mayat Ismail Amum, seorang warga sipil berusia 65 tahun yang tewas dalam serangan sebelumnya di dekat Deir
al-Balah, Gaza tengah.

Pada Rabu malam, serangan udara menghantam sebuah sasaran di Kota Gaza, menewaskan seorang pejuang lain Jihad Islam, Atiya Muqat (20). Satu serangan lagi di Rafah menewaskan Hisham Abu Har, seorang warga sipil yang bekerja di dalam terowongan penyelundup lintas-batas.

Kamis dinihari, serangan udara terhadap ruang olah-raga di kota Beit Lahiya, Gaza utara, menewaskan warga sipil Salam al-Masri dan mencederai 20 orang, seorang diantaranya dalam keadaan kritis.

Beberapa jam kemudian, Adnan al-Jakhbir, seorang warga sipil berusia 22 tahun yang cedera kritis di Beit Lahiya, tewas akibat luka-lukanya, kata dinas pelayanan ambulan kepada AFP.

Sepanjang sore, petugas medis mengambil tiga mayat dari puing-puing terowongan di Rafah, kata Abu Selmiya, dengan menyebut korban sebagai Imad Abu Harb (32) Rajaa al-Sabhani (19) dan Mohammed Tafesh. Tidak satu pun dari ketiga orang itu diyakini sebagai gerilyawan.

Juga dalam kurun waktu 24 jam, pejuang Gaza menembakkan 19 roket dan mortir ke Israel selatan, yang mencederai ringan seorang anak, kata militer.

Israel meluncurkan serangan-serangan setelah orang-orang bersenjata yang kata Israel datang dari Jalur Gaza dan menyeberang ke wilayahnya dekat kota pesisir Laut Merah Eilat melalui Semenanjung Sinai Mesir membunuh delapan orang dalam serangan-serangan di sebuah jalan gurun pada Kamis (18/8).

Lima personel keamanan Mesir dan tujuh orang bersenjata juga tewas dalam kekerasan pada hari itu.

Bulan lalu terjadi kenaikan dalam serangan roket dan proyektil lain yang ditembakkan dari Gaza ke Israel, mengakhiri bulan-bulan tenang setelah meletusnya kekerasan pada April ketika sebuah rudal anti-tank menghantam bis sekolah Israel, yang menewaskan seorang remaja.

Israel membalas serangan itu dengan gempuran udara yang menewaskan sedikitnya 19 orang Palestina dalam kekerasan mematikan sejak ofensif 22 hari di Gaza pada Desember 2008 hingga Januari 2009.

Israel meluncurkan perang 22 hari itu dengan dalih untuk menghentikan serangan-serangan roket dan mortir.

Jumlah serangan dari wilayah kantung Palestina itu mengalami penurunan dramatis sejak perang itu, meski sepanjang tahun 2010 hampir 200 roket ditembakkan ke Israel, kata militer. Jalur Gaza, kawasan pesisir yang padat penduduk, diblokade oleh Israel dan Mesir setelah Hamas berkuasa empat tahun lalu.

Israel menggempur habis-habisan Jalur Gaza dua tahun lalu dengan dalih untuk menghentikan penembakan roket yang hampir setiap hari ke wilayah negara Yahudi tersebut.

Perang di dan sekitar Gaza meletus lagi setelah gencatan senjata enam bulan berakhir pada 19 Desember 2008.

Israel membalas penembakan roket pejuang Palestina ke negara Yahudi tersebut dengan melancarkan gempuran udara besar-besaran dan serangan darat ke Gaza dalam perang tidak sebanding yang mendapat kecaman dan kutukan dari berbagai penjuru dunia.


sumber : Kompas
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka