NII "Tidak Bisa" Dijerat Hukum, Mengapa? Ini Dia Alasan! - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » NII "Tidak Bisa" Dijerat Hukum, Mengapa? Ini Dia Alasan!

NII "Tidak Bisa" Dijerat Hukum, Mengapa? Ini Dia Alasan!

Written By Dre@ming Post on Kamis, 12 Mei 2011 | 5/12/2011 01:08:00 AM

Kamis, 12 Mei 2011 01:09 WIB
BANDUNG - Ketua Komunitas Intelijen Daerah (Kominda), yang juga Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, mengatakan, Pemprov Jabar kesulitan meproses hukum Negara Islam Indonesia karena data masalah itu terputus-putus. "Belum ada bukti yang kuat untuk membawa permasalahan Negara Islam Indonesia di Jabar ke ranah hukum. Selain itu informasi mengenai NII terputus-putus dari tahun ke tahunnya," kata Dede Yusuf, usai melakukan pertemuan
tertutup dengan perwakilan Kodam III/Siliwangi, Polda Jabar, dan Kejati Jabar, di Gedung Sate Bandung, Rabu (11/5).

Ia mengatakan, keberadaan NII di Jabar tidak hanya terpusat di satu tempat. "Masalahnya, Jawa Barat punya historis tersendiri soal NII. Apalagi gerakan NII sudah mulai sejak tahun 1995. Memang timbul tenggelam tapi bukan berarti tidak ada," kata Dede Yusuf.

Menurut dia, munculnya kembali isu NII karena isu itu seolah terlupakan dan tidak terpehatikan dan ketika isu NII diarahkan kepada Pesantren Al Zaytuh di Indramayu milik Panji
Gumilang, Wagub Jabar buru-buru menetralkannya. "Kita tidak bisa serta merta mengatakan itu sebagai pusat atau apa atau apa.

Yang penting sekarang, memetakan gerakan-gerakan NII itu yang ada di masyarakat. Yang tidak terlihat seperti di lingkungan kampus dan kelompok-kelompok masyarakat. Ini yang dikhawatirkan dan menjadi perhatian bersama," ujarnya.

Dede menyatakan, yang perlu dilakukan sekarang ialah, semua instansi terkait saling berkoordinasi, khususnya dalam pendataan dan tindakan. Ia menambahkan, di bidang keamanan dan ketertiban melalui PP 19 pemerintah daerah bisa bertindak namun jika sudah berbicara masalah pertahanan keamanan itu bukan tugas pemerintah daerah lagi melainkan penegak hukum.

Menurut dia, perlu ditanamkan lagi pemahaman wawasan kebangsaan di tingkat pemuda, pola kerjasama antara tim penegakan hukum, intelijen dan pemerintah daerah.


Dre@ming Post_____________
sumber : Republika
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka