"TKI Bermasalah", Rp 24,5 M buat Kapal Laut TKI dari Saudi - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » "TKI Bermasalah", Rp 24,5 M buat Kapal Laut TKI dari Saudi

"TKI Bermasalah", Rp 24,5 M buat Kapal Laut TKI dari Saudi

Written By Dre@ming Post on Jumat, 08 April 2011 | 4/08/2011 06:01:00 AM

Jumat, 8 April 2011 | 03:49WIB

TKI Bermasalah Diprioritaskan


Jakarta - Pemerintah memprioritaskan pemulangan tenaga kerja Indonesia bermasalah dari Jeddah, Arab Saudi. Namun, pemerintah akan memulangkan 2.927 orang yang tersisa menggunakan kapal laut.

Pemerintah dan tim khusus penanganan WNI di Arab Saudi di DPR kini berkonsentrasi memulangkan WNI yang sudah melanggar ketentuan izin tinggal di Arab Saudi. DPR akan membahas soal anggaran pemulangan dengan Kementerian Keuangan setelah biaya pemulangan tiga dari enam kelompok terbang terakhir 1.087 orang masih menunggak.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, seusai rapat kerja gabungan dengan DPR di Jakarta, Senin (4/4), menegaskan, tidak ada kendala anggaran. Namun, pemerintah tak ingin anggaran pemulangan mubazir karena mengangkut orang yang mampu.

”Dari laporan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia), ada juga yang sebetulnya (WNI) tidak bermasalah dan bisa pulang biasa malah menggunakan fasilitas ini. Kami akan menyeleksi ketat dan mengutamakan pemulangan mereka yang bermasalah,” ujarnya.

Menurut Kepala BNP2TKI Mohammad Jumhur Hidayat, pemulangan dengan kapal laut membutuhkan biaya Rp 24,5 miliar. ”Kebutuhan ini adalah hasil rapat kabinet paripurna pada 24 Maret lalu dan masih membutuhkan dana lain-lain lagi sekitar Rp 7,8 miliar,” tuturnya.

Pemulangan WNI dengan kapal menjadi keprihatinan DPR. Meskipun demikian, anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI-P, Eva Kusuma Sundari, bisa memahami. ”Perhatian kami adalah memulangkan semua WNI pelanggar izin tinggal di Arab Saudi. Kami mau memanggil Kemkeu untuk penyelesaian menyeluruh,” ujarnya.

Selain itu, kisah pilu TKI di Arab Saudi juga muncul lagi. TKI asal Majalengka, Jawa Barat, Aan Darwati binti Udin Encup (37), tewas di toilet rumah majikan di Mekkah, Arab Saudi, pekan lalu.

Adapun proses hukum terhadap majikan penganiaya Sumiati binti Salan Mustopa (23), TKI asal Dompu, Bima, Nusa Tenggara Barat, di Madinah, memasuki babak baru. Hakim membebaskan sementara pelaku karena menilai peradilan melanggar syarat.

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDI-P, Rieke Diah Pitaloka, mendesak pemerintah menghentikan sementara penempatan TKI ke Arab Saudi.

Jumhur Hidayat mengecam keras orang yang menyebabkan kematian Aan Darwati. Jumhur meminta aparat berwenang setempat menahan pelaku sekaligus menjeratnya dengan hukuman berat sesuai hukum Islam di Arab Saudi.


Rp 24,5 M buat Kapal Laut TKI dari Saudi

JAKARTA - Pemerintah menyediakan anggaran Rp 24,5 miliar untuk memulangkan 2.927 WNI overstay dan TKI bermasalah dari Jeddah, Arab Saudi, ke Jakarta.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat di Jakarta, Jumat (8/4/2011), merasa, upaya pemulangan dengan kapal laut KM Labobar tersebut memperlihatkan keseriusan pemerintah mengurus warga negaranya di luar negeri.

"Rata-rata sekitar Rp 8 juta per TKI. Biaya itu termasuk tiket dengan pelayanan kamar sekaligus makan-minum selama perjalanan," ujarnya.

KM Labobar menyediakan 66 tempat tidur kelas eksekutif, 1.866 tempat tidur kelas ekonomi double bed dan 1.152 tempat tidur kelas ekonomi single bed. 


Pemulangan ini dikoordinasi Kementerian Koordintor Kesejahteraan Rakyat, melibatkan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, BNP2TKI, TNI, dan Polri.
 
sumber : Kompas
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka