Demonstran Dibantai, 19 Tewas di Suriah - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » Demonstran Dibantai, 19 Tewas di Suriah

Demonstran Dibantai, 19 Tewas di Suriah

Written By Dre@ming Post on Sabtu, 09 April 2011 | 4/09/2011 09:00:00 AM

Sabtu, 9 April 2011 | 02:44 WIB

AMMAN - Korban jiwa terus berjatuhan di Suriah. Para demonstran di kota Deraa yang menentang Presiden Bashar al-Assad, Jumat (8/4/2011), dibantai hingga sedikitnya 19 orang tewas.

Kota di wilayah selatan itu menjadi pusat perlawanan menentang kekuasaan 11 tahun pemimpin Suriah tesebut. Mereka umumnya warga etnik Kurdi yang menuntut reformasi meski Presiden pekan ini berniat melonggarkan aturan-aturan yang membuat banyak warga Kurdi tidak memperoleh kewarganegaraan.

Protes melanda negara berpenduduk 20 juta orang itu mulaidari kota pelabuhan Laut Tengah Latakia hingga Albu Kamal di perbatasan dengan Irak dalam aksi pekan keempat.

"Kebebasan, kebebasan, kami ingin kebebasan," teriak ribuan pemrotes di banyak kota Suriah. Beberapa orang meneriakkan, "Kami mengorbankan darah dan jiwa kami bagimu, Deraa."

Penduduk mengatakan, pasukan keamanan menggunakan meriam air dan bom asap untuk membubarkan protes sekitar 2.000 orang di Hama, kota di mana ribuan orang tewas pada 1982.

Mereka menembaki ribuan pemrotes di Deraa, tempat demonstrasi meletus pertama kali pada Maret. Pemrotes membakar sebuah bangunan milik Partai Baath yang berkuasa dan menghancurkan patung saudara Presiden, Basil.

Seorang sukarelawan di rumah sakit Deraa dan seorang aktivis mengatakan, 17 orang tewas. Dengan jumlah itu, korban tewas dalam protes tiga pekan telah mencapai lebih dari 90.

Televisi pemerintah mengatakan, kelompok-kelompok bersenjata membunuh 19 polisi dan melukai 75 orang di Deraa. Pihak berwenang menyalahkan kelompok-kelompok bersenjata atas kerusuhan itu.

Televisi pemerintah, Jumat, menayangkan gambar orang-orang bersenjata berpakaian sipil yang disebutnya menembaki pasukan keamanan dan warga sipil. Menurut televisi itu, seorang polisi dan seorang sopir ambulans tewas.

Suriah melarang media lain melakukan peliputan di Deraa sehingga konfirmasi independen mengenai laporan-laporan itu tidak bisa diperoleh.

Suriah sejak pertengahan Maret dilanda protes yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang menuntut reformasi besar-besaran di negara yang dikuasai Partai Baath selama hampir 50 tahun itu. Lebih dari 30 orang secara resmi dinyatakan tewas dalam lingkaran kekerasan itu.

Namun, sejumlah aktivis mengatakan, lebih dari 130 orang tewas dalam kekerasan itu 100 orang tewas dalam protes di Daraa, kota suku wilayah selatan yang menjadi simbol penentangan para pemrotes.

Pemerintah mengumumkan serangkaian langkah reformasi dalam upaya menenangkan pemrotes, termasuk pembebasan tahanan dan rencana membuat undang-undang baru mengenai media dan perizinan bagi partai politik.

Suriah juga memutuskan akan mencabut undang-undang darurat yang disusun pada Desember 1962 dan diberlakukan sejak Partai Baath berkuasa pada Maret 1963.
 sumber : kompas
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka