PDI-P Ditawari 3 Kursi Menteri - Dre@ming Post
Online Media Realiable // Layak dibaca dan perlu!!
Home » » PDI-P Ditawari 3 Kursi Menteri

PDI-P Ditawari 3 Kursi Menteri

Written By Dre@ming Post on Rabu, 09 Maret 2011 | 3/09/2011 11:37:00 AM

Rabu, 9 Maret 2011 | 09:10 WIB


JAKARTA - Partai Demokrat menawarkan tiga kursi menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu II kepada kader PDI Perjuangan jika partai politik tersebut bergabung dalam koalisi partai politik pendukung pemerintah.

"Ketiga kursi menteri itu adalah Menko Kesra, Menteri Sosial, dan Menteri BUMN," kata Ketua Departemen Keuangan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Muhammad Ikhsan Modjo di Jakarta, Rabu (8/3/2011). Ia didampingi Ketua Divisi Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Ulil Abshar Abdalla dan Sekretaris Departemen Pemajuan dan Perlindungan HAM DPP Partai Demokrat Rachlan Nashidik.

Menurut dia, Partai Demokrat melihat pos ekonomi, kerakyatan, dan kesejahteraan sosial lebih cocok diserahkan kepada PDI Perjuangan yang bervisi kerakyatan. "Jika PDI Perjuangan bergabung dalam koalisi maka koalisi partai-partai politik pendukung pemerintah akan lebih ideal," katanya.

Ikhsan menambahkan, jika kader PDI Perjuangan duduk di kursi menteri kabinet, pemerintahan Presiden Yudhoyono ke depan bisa berjalan lebih efektif.

Ulil Abshar Abdalla menambahkan, Partai Demokrat masih terus melakukan upaya lobi kepada PDI Perjuangan. Menurut dia, lobi tersebut dilakukan melalui undangan terbuka secara formal maupun pertemuan silaturahim secara informal di antara pimpinan Partai Demokrat dan PDI Perjuangan.

"Jika PDI Perjuangan memastikan bergabung dalam koalisi, kemungkinan besar Partai Golkar dan PKS dikeluarkan dari koalisi," katanya.

Kemungkinan masuknya PDI Perjuangan serta keluarnya Partai Golkar dan PKS dari koalisi, kata dia, bukan berarti pemerintah menerapkan politik transaksional, tapi lebih menekankan kepada kebijakan pembangunan yang pro-rakyat.

Ulil memperkirakan, kemungkinan sulit bagi PDI Perjuangan untuk bergabung dalam koalisi karena terganjal oleh keputusan kongres pertai berlambang banteng tersebut untuk tetap berada di luar pemerintahan. "Partai Demokrat masih menunggu jawaban dari PDI Perjuangan," katanya.

Jika PDI Perjuangan memastikan berada di luar pemerintahan, menurut dia, Partai Demokrat akan mempertahankan Partai Golkar dalam koalisi.

Sumber :  KOMPAS
Share this article :

Visitors Today

 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dre@ming Post - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Sorga 'n Neraka